Tips Bersepeda Yang Aman dan Nyaman di Masa Pandemi

Tips Bersepeda Yang Aman dan Nyaman di Masa Pandemi

Spread the love

Tips Bersepeda Yang Aman Dan Nyaman Di Masa Pandemi

Sejak Pandemi virus Corona COVID-19 mewabah di Indonesia bahkan di seluruh dunia, begitu banyak hal yang berubah dalam kehidupan sehari-hari, karena semua hal yang dilakukan harus berpatokan pada pencegahan penularan virus agar tidak semakin meluas

Perubahan itu dilakukan agar memutus rantai penyebaran Covid-19. Seperti yang diketahui bahwa Covid-19 adalah sebuah virus yang tidak terlihat dan menular
Sesuatu hal yang biasa kita lakukan pada enam bulan lalu, seperti berkumpul bersama keluarga atau teman teman sudah tidak pernah terjadi lagi apalagi dengan seiring bertambahnya penderita positif corona dengan berbagai macam cluster.

Dahulu saat bertemu teman kita pasti akan berjabat tangan, berbagi minuman, makanan dengan teman, dan pergi bareng tanpa menggunakan masker adalah hal yang normal. Namun, kini semua itu sudah berubah dan perlu kita pikir ulang kembali.

Seperti yang kita ketahui bahwa penularan utama Covid-19 terjadi melalui droplet, yaitu percikan cairan yang keluar dari mulut saat batuk maupun bersin. oleh karena itu memakai masker sangat penting bagi semua orang saat beraktifitas.

Banyak hal baru yang terjadi dengan adanya pandemi Covid-19. Mulai dari penggunaan masker, mencuci tangan sesering mungkin hingga harus segera mandi dan mencuci pakaian ketika beraktivitas di luar rumah.

Saat pandemi banyak perusahaan yang memberlakukan bekerja dari rumah atau biasa disebut WFH untuk mencegah penularan virus covid 19, hal inilah yang menimbulkan efek jenuh atau bosan.

Untuk melepas rasa jenuh banyak orang melakukan banyak hal mulai dari berkebun dan berolahraga,  salah satu olahraga yang dipilih adalah bersepeda di ruang terbuka sebagai aktivitas pelepas penat di masa pandemi ini.

Hari Sabtu Tanggal 7 November, saya mengikuti seminar online yang diselenggarakan Promkes Kemenkes dan komunitas bersepeda, dengan tema” Yuk Sepedaan Sehat dan Aman di Era Adaptasi kebiasaan Baru” para nara sumber yang hadir adalah

Dr Sonny Hary B Harmadi (Ketua Bidang
Perubahan Perilaku Tugas Penanganan
Covid 19)

Dr Rizkiyana Sukandhi Putra M Kes (Direktur Promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dari kementrian Kesehatan RI

Bapak Anwar Hadi Kusuma (Founder Indonesian Folding Bike Community)

Bapak Poetoet Sudarjanto (Ketua Bike To Work Indonesia)

Selama Seminar Online berlangsung banyak ilmu yang saya dapatkan tentang bagaimana bersepeda yang baik di masa pandemi seperti sekarang

Tips bersepada yg aman diera pandemi

Kenali sepeda yang kita naiki
Apakah joknya sudah aman untuk kita naiki

Dicek tekanan ban sepeda untuk keamanan

Rantai sepeda jangan lupa untuk di periksa agar perjalanan gowes bisa berlangsung dengan aman dan nyaman

Kenali diri kita
Pastikan kita bugar dan sehat apakah kita mampu untuk gowes dengan rute perjalanan yang kita ambil, jangan lupa untuk minum di setiap kesempatan untuk mencegah dehidrasi.

Kenali lingkungan yng akan kita lalui apakah aman dari kriminal atau tidak, apakah ada tanjakannya, turunan selalu memastikan kondisi jalannya ada yang berlubang atau tidaknya

Dan yang terpenting setelah sampai rumah kita harus mandi membersihkan diri untuk mencegah virus masuk ke dalam rumah kita.

Berolahraga sepeda dengan rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga imunitas tubuh tapi alangkah baiknya banyak hal yang kit perhatikan saat bersepeda antara lain

  • Selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan wajib dilakukan selama bersepeda.
  • Memakai masker mutlak dibutuhkan untuk menjaga diri kita sendiri dan orang lain dari penularan penyakit. Pilih masker dari bahan yang mudah menyerap keringat, supaya kenyamanan ketika bersepeda tidak terganggu.
  • Selalu memakai alat pelindung diri lainnya seperti helm, pelindung lutut, dan lampu sepeda.
  • Jangan lupa  membawa hand sanitizer dan gunakan setelah menyentuh benda-benda di sekitar.
  • Untuk mencegah dehidrasi pastikan berhenti untuk minum air putih agar kesegaran tubuh terjaga dan pastikan membawa air minum sendiri

Bersepeda bsa meningkatkan imunitas tapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan
Pastikan selalu berpikir dalam bertindak jangan sampai kita celaka atau mencelakakan orang lain.

Selalu patuhi peraturan lalu lintas, hargai dan hormati pengguna jalan lainnya. Tidak tertular atau menularkan virus covid 19 kepada orang lain dengan mematuhi protokol kesehatan.

Setelah mengikuti Webinar saya banyak belajar tentang hidup sehat dan bugar di masa pandemi ini selalu mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, dan selalu disiplin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau membawa handsanitizer dan menjaga jarak dengan orang lain dengan cara menjauhi kerumunan.

Mari kita biasakan hidup sehat dan bugar dengan bersepeda tapi pastikan penerapan disiplin pola hidup sehat. Tingkatkan imunitas tubuh, hindari penularan virus Covid 19 dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan, jangan sampai kendor ya.

 

 

 

15 Replies to “Tips Bersepeda Yang Aman dan Nyaman di Masa Pandemi”

  1. Bersepeda pun bisa jadi pilihan yang seru untuk menghabiskan waktu dengan anak dan keluarga. Jadi sehatnya dapet quality time dengan keluarga juga dapat. Untuk anak-anak pasti harus memakai pelindung yang lengkap ya mba..

  2. Wah ini nih yang selalu diingat ya. Apalagi kalo sepedahannya banyakan dan ke kota. Kalo aku, selama ini masih bersolo karir aja dalam hal sepedahan. Terusnya aku banyak sepedahan ke kampung. Tapi tetep, selalu pake masker dan peralatan pelindung lain.

  3. Sebelum pandemi, aku tiap hari naik sepeda nganterin anakku sekolah tapi sekarang jadi jarang 🙁 mau nyoba mulai lagi ah sepedaan dengan tips- tips diatas supaya badan tetap bugar biar ga jompo jompo amat. Makasih sharingnya mba Yanti 🙂

  4. Udah lama banget gak sepedaan, sepedanya udah dikasih ke sepupu sejak sayanya pernah kecelakaan dulu. Huhuhu. Lihat tren sepedaan sekarang, bikin kangen sepedaan lagi. Karena sepedanya belum ada, jadinya untuk sementara ya diisi dengan aktivitas berjalan kaki. Hahahaha

  5. Aku secara pribadi senang sekali dengan aktivitas bersepeda.
    Rasanya seperti zaman kecil yang penasaran berpetualang ke tempat-tempat baru dan memperhatikan sekeliling.

    Protokol kesehatan mesti selalu dijaga agar hidup sehat tetap terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *