Warung Anak Sehat Memberikan Akses Jajanan Sehat Untuk Anak Indonesia Dan Memberdayakan Perempuan Indonesia

Warung Anak Sehat Memberikan Akses Jajanan Sehat Untuk Anak Indonesia Dan Memberdayakan Perempuan Indonesia

Hai Bunda pernah punya pengalaman tidak anak yang suka sekali jajan dan jarang makan dirumah? Saya sudah pernah mengalaminya dan ternyata nih Kebiasaan jajan pada anak seringkali membuat para orangtua mengelengkan kepala. Berbagai cara sudah dilakukan orangtua untuk mengalihkan kebiasaan ini dan ini pernah saya lakukan loh namun sering kali tidak membuahkan hasil. Anak masih tetap merengek minta jajan.

Saya sering nasihatin anak saya untuk mengurangi jajan di sekolah atau saat dia sedang main bersama temannya tapi yang namanya anak anak pasti penasaran mau mencoba dan terus melakukannya walaupun saya selalu memberinya bekal saat mau berangkat sekolah. Saat saya tanya “emang jajan tuh enak ya de” jawabannya adalah “enak dong mah gurih” duh duh mamanya mau pingsan heheh.

Jajanan itu umumnya terasa gurih dan murah harganya, berwarna terang sehingga menarik anak anak untuk membelinya, enak di mulut, dan mudah di makan. Beberapa kali saya datang ke kantin sekolah, dimana banyak para pedagang makanan yang menjajakan dagangan mereka dengan berbagai macam olahan makanan. Godaan jajanan yang beragam dan tampak lezat tentunya akan membuat iman anak goyah.

Ibu harus extra keras memberitahukan tentang bahaya dan risiko jajan pada anak. Apalagi jika jajanan favorit anak adalah makanan yang kurang sehat, misalnya digoreng dengan minyak jelantah, tidak dicuci bersih, atau bahkan di beri pewarna buatan yang bisa membahayakan untuk tubuh anak.

Kalau saya melihat jenis dari jajanan di sekolah, ada beberapa yang memiliki kandungan pengawet atau pewarna kelihatan dari warna dan teksturnya. Kebersihan jajanan juga tidak terjaga, Jenis makanan yang tidak aman bisa mengakibatkan anak mengalami kondisi seperti pusing dan mual, mual-muntah, kram perut, dan masih banyak lagi hal yang membahayakan selain itu, pangan jajanan yang biasa anak beli di sekolah biasanya hanya mengenyangkan perut anak, tetapi tidak mengandung gizi. Sehingga, bisa jadi anak kekurangan asupan zat gizi yang baik untuk pertumbuhannya.

Duh untuk hal ini saya sangat merasa khawatir, sering bertanya tanya ada gak sih jajanan anak sekolah yang bersih, enak dan menyehatkan dijual di sekolah.

Saya pernah tahu tentang warung anak sehat yang menjual makanan yang disukai anak dan juga menyehatkan. Tapi jujur saja saya belum pernah melihat langsung bagaimana sih warung anak sehat dan penerapannya di sekolah.

Keinginan saya terkabul saat saya terpilih dari 5 Mombassador SGM Eksplor yang berkesempatan untuk melihat langsung bagaimana penerapan Warung Anak Sehat (WAS) di SDN Sukasari daerah Bogor beberapa waktu yang lalu.

Warung Anak sehat merupakan program edukasi gizi dari Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) dan Danone Ecosystem Fund yang bertujuan untuk mengurangi kekurangan gizi atau stunting pada anak-anak usia 5-12 tahun atau usia sekolah dasar. Selain itu dengan adanya Warung Anak Sehat (WAS) memberikan edukasi kepada anak-anak dan guru di sekolah tentang pentingnya makanan sehat di Sekolah.

WAS juga melatih para ibu untuk membuat pangan jajanan yang bernutrisi dan aman untuk di konsumsi.
Target yang diinginkan dari WAS adalah memperbaiki kebiasaan anak sekolah dalam mengkonsumsi jajanan bersih dan sehat bergizi di area sekolah. Karena anak yang mendapat asupan gizi optimal maka anak tersebut bisa mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, dan sosial juga emosionalnya.

Saat kami sampai di SDN Sukasari saya begitu terpesona melihat area sekolah yang rindang dan lingkungan yang sangat bersih. Kantin di sekolah ini diberi nama Kantin Sabar Berseri. Ibu Atiek sebagai Ketua IWAS Kabupaten Kota Bogor dan Depok menyambut hangat kedatangan kami. Hadir juga Ibu Yuni, selaku pengelola WAS di SDN Sukasari yang banyak menjelaskan bagaimana makanan yang di jual di kantin dibuat sendiri oleh ibu warung anak sehat atau disingkat (IWAS) selain rasanya enak dan bergizi yang pasti harganya juga sangat murah sesuai dengan kantong anak sekolah dasar. Makanan yang dijajakan sangat variatif salah satu contoh makanan yang dijual adalah

Burger tempe yang dibuat dari bahan dasar tempe yang kaya akan protein nabati sehingga menyehatkan dan dibuat sesuai porsi anak anak dengan harga yang terjangkau.

Untuk yang belum sarapan di Kantin berseri ini dijual pula Nasi goreng lezat yang pastinya bikin kenyang dan juga sehat.harganya pun murah

Kalau anak anak merasa haus dan pingin yang dingin dingin disini dijual es Jelly dengan bentuk Jelly yang lucu dan rasa manisnya juga asli tanpa pemanis buatan dengan tambahan susu SGM Eksplor yang enak dan bikin anak anak sehat.

Ada juga kue kue yang rasanya lezat seperti kue lapis pelangi, bolu kukus dan kue bugis. Satu lagi yang tidak kalah lezatnya yaitu Singkong Thailand dijamin rasanya enak.

Bagaimana kalau anak anak kepingin jajanan seperti di sekolah lainnya upss tidak usah khwatir karena di Warung Anak Sehat SDN Sukasari juga ada pedagang telur gulung yang mengolah telur menjadi jajanan enak pastinya sehat karena di goreng dengan minyak yang bersih tanpa ada zat tambahan yang berbahaya untuk di konsumsi.

Warung Anak Sehat memulai programnya pertama kali sejak tahun 2011, dan sampai sekarang sudah menyasar ke 446 sekolah dengan total sebanyak 350 IWAS yang tergabung dari Ambon, Bandung,, Bogor dan Yogyakarta.

  • Warung Anak Sehat dibutuhkan untuk memberikan akses mudah kepada anak-anak agar bisa membeli jajanan sehat dengan harga terjangkau.
  • Untuk membangun kesadaran orang tua akan pentingnya hidup sehat.
  • Meningkatkan rasa bangga wirausaha perempuan dengan mengelola kantin di dalam sekolah, Memberikan peningkatan pendapatan bagi IWAS

Ibu Warung Anak Sehat juga banyak mendapatkan fasilitas seperti

  • mendapatkan edukasi gizi bagaimana mengolah makanan menjadi jajanan yang enak dan sehat untuk anak anak sekolah dasar
  • Melalui Warung Anak Sehat, setiap IWAS akan mendapatkan pelatihan, pendampingan, dan peningkatan kemampuan bisnis yang meliputi bagaimana caranya mencatat penjualan serta keuntungan dan mendapatkan saran rekomendasi pengembangan usaha.
  • Selain itu IWAS juga bisa mengembangkan diri menjadi pengusaha yang profesional, menjalin koneksi bisnis dengan pengusaha perempuan lainnya dan menjadi duta nutrisi yang mengedukasi pengetahuan nutrisi ke sekolah lainnya.

Setelah melihat langsung bagaimana penerapan Warung Anak Sehat di SDN Sukasari, saya menyadari betapa pentingnya kantin sehat ini ada di setiap sekolah di daerah manapun karena agar seluruh anak Indonesia bisa mendapat asupan makanan bergizi yang seimbang yang bisa mendukung tumbuh kembang anak Indonesia secara optimal sehingga menjadi anak generasi maju.

Ayo para Bunda mari kita berpartisipasi aktif untuk mewujudkan generasi anak Indonesia yang aktif cerdas dan sehat dengan memberikan anak kita makanan dengan gizi yang seimbang dan jajanan sehat.

23 Replies to “Warung Anak Sehat Memberikan Akses Jajanan Sehat Untuk Anak Indonesia Dan Memberdayakan Perempuan Indonesia”

  1. Warung sehat bagus sekali..bisa diterapkan di sekolah terutama utk SD, karena makanan / minuman bisa dikontrol standart kebersihan, bahan2 nya dan tentu aman utk di konsumsi anak2 kita masa depan kita semua.

  2. Nah gini seru, ada was. Sejujurnya nyuruh anak buat ngga jajan itu ya dia sia, karena nikmat jajan itu emang luar biasa. Aku aja kadang jam istirahat masih suka mampir ke depan SD beli cemilan sekolahan. Hahaha. Jajannya jangan diberhentikan, makanan dan
    bahannya yang diubah

  3. Dengan adanya jajanan sehat itu, bikin orang tua nggak khawatir atas apa yang akan anak konsumsi, karena biasanya anak itu suka jajan sembarangan.
    Apalagi jika yang dijual setiap hari menu atau konsep nya beda. Pasti anak-anak suka, salutt dech

  4. semoga semakin banyak Warung Anak Sehat di sekolah-sekolah di Indonesia ini ya Mbak, biar emaknya jg gak was-was amatlah kalau anak jajan, secara jajan itu kan nular, lihat temannya jajan, pastiah anak juga kepengen jajan apalagi kalau ada uang saku/jajan yg diberikan.

  5. Aku juga selalu wanti wanti ke anak, untuk tidak jajan sembarangan.

    Banyak jajanan yg berbahaya soalnya,

    Klo ada warung sehat seperti ini, mw jajan jadi tenang ya

  6. Nah, kantin idaman anak2 dan orangtua murid yang kayak begini nih 🙂 Warung anak sehat kudu diikuti oleh sekolah2 🙂 Jadi makanan dan minuman yang dijual in sya allah bersih ya ga pakai bahan2 berbahaya. Hati tenang deh, daripada jajannya di abang2 kan.

  7. Buat anak suka makanan bergizi itu emang tantangan yang cukup berat ya. Sekarang jajan diluar lebih menggoda, lebih enak, tapi ya gitu gizinya 0, bahkan mungkin malah jadi racun buat tubuh. Asal kita mamaknya rajin dan telaten, Insyaallah bisa membuat anak suka dengan makanan bergizi.

  8. warung anak sehat ini programnya kalo di sekolah anakku namanya PMTAS mba, sama gak ya? heheheh suka sotoy akutuh, tapi emang penting banget sih warung yang mengutamakan kandungan nutrisi jajanan anak-anak

  9. Di sekolah anakku juga ada warung sehat mom. Dan emang saya lihat warungnya bersih dan pengolahan makananya pun bersih. Akupun tenang memberikan uang jajan sama anakku.

  10. Huhu peer banget yaa mom soal jajanan anak ini. Kudu nuter otak suoaha anak meminimalisir jajan sembarangan yang belum tau sumbernya dari mana, higienis nggaknya. Salut dengan gerakan warung sehat, semoga Makin meluas ke sekolah2 lainnya

  11. Pastinya orang tua bakal senang dan tenang banget kalau di sekolah anaknya ada Warung Sehat seperti di Warung Sukasari ini. Apalagi jjanannya juga selain sehat , kelihatan enak gitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *