Yayasan Al Hadi DayCare Mendukung Pencegahan Stunting

Yayasan Al Hadi DayCare Mendukung Pencegahan Stunting

Spread the love

 

Usia dini atau biasa disebut dengan masa golden age adalah usia anak saat masa-masa awal hidupnya di dunia, pada masa ini anak dengan rentang usia 0 sampai 5 tahun. Adalah masa pertumbuhan dan perkembangan anak dalam masa peningkatan yang sangat pesat.

Terutama tumbuhnya otak anak. Oleh sebab itu, sebagai orang tua harus lebih memperhatikan tumbuh kembang anak secara cermat agar sedini mungkin dapat terdeteksi apabila terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Banyak permasalahan yang terjadi pada tumbuh kembang anak jika asupan nutrisinya kurang, salah satunya adalah stunting.
Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun.

stunting hanya bisa teratasi selama periode 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Atau dari masa kehamilan sampai anak berumur dua tahun dan di saat otak anak berkembang pesat.ASI eksklusif penting diberikan selama enam bulan petama. Dan dapat diteruskan sampai anak usia 2 tahun.

Saat si Kecil berada di tahap pemberian makanan pendamping ASI (MPASI), mengingatkan para orangtua untuk terus memperhatikan pola asupan gizi seimbang.Terutama untuk memberikan asupan karbohidrat, lemak tinggi, dan protein hewani.

Untuk menyambut hari gizi Nasional 2020 yang jatuh pada tanggal 25 Januari Yayasan Al Hadi DayCare bersama Mayora sebagai Produsen makanan yang sangat disukai anak anak menyelenggarakan festival Anak Ceria di Hotel Santika Premier, Slipi Jakarta. Festival Anak Ceria mengadakan lomba lomba yang mengasah keterampilan dan kreativitas anak anak mulai dari lomba Mewarnai gambar , lomba Mewarnai Kaligrafi dan yang bikin happy lomba bukan hanya untuk anak anak saja tapi untuk peserta umum, guru paud juga di selenggarakan lomba kreasi Daur Ulang dengan memanfaatkan sampah plastik menjadi barang yang bermanfaat sekali dan bernilai.

Pembukaan Festival Anak Ceria di hadiri oleh ibu Wakil Presiden RI Wury Estu Handayani Ma’ruf Amin, sebagai Bunda PAUD, Fery Farhati Ganis Anies Baswedan dan Kak Seto pemerhati anak yang sudah kita kenal.
HjAnifah Qowiyatun, selaku Ketua Yayasan Al Hadi Selain Lomba Kreativitas yayasan Al Hadi juga menyelenggarakan Talk Show Bertajuk Kenali Stunting Dan Cara Mencegahnya karena permasalahan stunting adalah masalah kita semua perlu melibatkan semua pihak agak stunting di Indonesia bisa teratasi.

Nara sumber yang hadir Dr Sandy Prasetyo, SpOG, (IDI),Lia Amalia, ST., S.S., MA (LPPOM MUI Pusat, Prof. Dr. Ir. Hj. Netti Herawati, M.Si (HIMPAUDI Pusat), Reisa Broto Asmoro (Duta dan Kader Untuk Melawan Stunting,  Farah Amini selaku Tim Percepatan Pencegahan Anak Kerdil (Stunting), dan Athalia Ridwan Kamil (Istri Gubernur Jawa Barat dan Bunda PAUD Jawa Barat).

Nara Sumber yang hadir ibu Farah Amini dan Dr Sandy menjelaskan Seperti yang sudah kita ketahui bersama Stunting sudah bisa di cegah sejak dalam kandungan dengan memberikan asupan nutrisi yang baik kepada ibu hamil insya Allah anak akan lahir sehat dan cerdas tanpa mengalami stunting.karena pada masa kehamilan selama sembilan bulan, dilanjutkan dua tahun usia balita, merupakan landasan pembentukan otak anak tumbuh sempurna sehingga sehendaknya ibu hamil rutin memeriksan diri ke dokter sehingga bisa terpantau kesehatan ibu hamil.

Ibu Athalia Ridwan Kamil menjelaskan bahwa Jawa Barat merupakan provinsi selalu berupaya untuk menekan angka stunting. dengan diadakannya Omaba yaitu ojek makanan balita yang siap berkeliling memberikan makanan untuk memantau anak anak yang kekurangan gizi.

Makanan menjadi faktor penting dalam tumbuh kembang anak. Sehingga pemenuhan nilai gizi pada makanan akan menjadi penting dimulai sejak dini.Kecerian seorang anak mencerminkan kondisi kesehatan lahir batinnya yang tumbuh dengan sempurna.

Makanan untuk anak juga harus dipastikan kehalalannya kita sebagai ibu harus memastikan memberikan makanan yang sudah pasti halal untuk anak kita,contoh jika membeli bahan pangan seperti ayam kita harus tahu bagaimana ayam tersebut dipotong apakah dibacakan basmalah sebelum disembelih sebaiknya kita harus aware akan kehalalan makanan untuk anak, sehingga anak kita juga bisa selalu sehat jasmani dan rohaninya.

Fublic figure yang hadir Reisa Broto Asmoro menjelaskan walaupun sibuk tapi beliau selalu memastikan makanan untuk anak anaknya selalu sehat. Dr Reisa sendiri yang turun langsung untuk memantau makanan mulai dilihat dari komposisi makanan agar terhindar dari bahan bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan anak. Bahan makanan yang dipilih juga harus sesuai untuk anak anak. Dr Reisa juga mengingatkan setelah berpergian dari luar rumah sebaiknya cuci tangan dahulu sebelum memegang anak sehingga higienis dari kuman atau bakteri yang dari luar.

Anak juga membutuhkan pelukan yang hangat dari orang tuanya biasakan untuk selalu senyum saat menyapa anak juga memeluk mereka agar mereka selalu merasa dicintai sehingga anak bisa tumbuh dengan sehat jasmani dan rohani mereka.

Saya banyak mendapatkan pencerahan tentang bagaimana memberikan asupan nutrisi agar anak saya bisa mendapatkan makanan bergizi dan halal untuk mencegah stunting. Semua harus bersinergi dan bersatu untuk mencegah stunting sedini mungkin.

Yayasan Al Hadi sangat mendukung akan pemenuhan gizi anak anak Indonesia agar anak Indonesia bisa tumbuh sehat dan cerdas menjadi generasi yang unggul untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Yayasan Al Hadi yang beralamat di Taman Aries Blok F12 No 8 Kembangan, Meruya Utara, Jakarta Barat 11620.
Memiliki program Preschool-DayCare-Bimbel (TK-SD-SMP) dan Tahfidz Qur’an untuk anak dan dewasa. Dengan visi misi “Menanamkan dasar-dasar Keimanan dan Akhlak Islami Sejak Dini.”

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Yayasan Al- Hadi bisa mengunjungi link berikut:
http://www.alhadi-daycare.com

 

4 Replies to “Yayasan Al Hadi DayCare Mendukung Pencegahan Stunting”

  1. I simply want to tell you that I am new to weblog and definitely liked this page. More than likely I’m likely to bookmark your blog post . You definitely come with amazing writings. Thanks for sharing your website page.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *