Mari Menjadi Konsumen yang Cerdas dengan Cek KLIK sebelum Membeli

Mari Menjadi Konsumen yang Cerdas dengan Cek KLIK sebelum Membeli

Jaman modern ini transaksi jual beli sudah sangat marak mulai dari belanja langsung maupun online, sebagai konsumen hendaknya kita mempunyai pengetahuan yang baik agar kita bisa berbelanja dengan aman dan nyaman dan mendapatkan produk yang bagus.

Sebagai seorang ibu yang tiap hari berbelanja keperluan rumah tangga, walaupun saya sudah sesekali memeriksa kemasan pernah loh saya masih dapat barang yang sudah kadaluarsa karena saya kurang berhati hati.

Sebelum membeli suatu produk memang seharusnya di periksa dulu apakah label masih tersegel rapi, atau mungkin sudah rusak. Sempatkan waktu beberapa menit saja untuk membaca informasi produk yang ada di kemasan.

BPOM sebagai badan pengawas obat dan makanan terus mengedukasi masyarakat untuk berhati hati dalam memilih Obat dan Makanan aman,hari Sabtu 07 September 2019 Badan POM mengadakan acara Talkshow yang bertemakan “Ayo Cek KLIK, Pilih Obat dan Makanan Yang Aman” yang bertempat di Avenue Of Stars, Lippo Mall Kemang.
Acara TalkShow yang berlangsung penuh edukasi di pandu oleh presenter top Ananda Omesh menghadirkan narasumber dari berbagai pihak yang terkait yaitu Kepala Badan POM RI, ibu Penny K. Lukito, Direktur Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Kementerian Perdagangan, Bapak Ojak S. Manurung; Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi; dan Wakil Ketua Umum DPD Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) DKI Jakarta, Faturrahman.

Ibu Penny kepala BPOM menjelaskan bahwa diharapkan dengan acara talkshow ini mampu menggugah kesadaran masyarakat agar lebih peduli untuk berhati hati dalam membeli dan memakai produk yang aman.

Mengkonsumsi obat dan makanan yang aman adalah keinginan dari setiap orang, dengan kampanye Cek KLIK ini masyarakat diberi pengetahuan tentang bagaimana menjadi konsumen yang cerdas agar bisa melindungi diri dan keluarganya.

Konsumen yang cerdas itu hendaknya melakukan Cek Klik yaitu

Cek Kemasan diperiksa dahulu sebelum membeli apakah kemasan produk tersebut masih dalam kondisi baik atau tidaknya karena kalau kemasan rusak kemungkinan isinya juga sudah tidak bagus lagi

Cek Label di cek apakah labelnya sudah memuat informasi yang harus diketahui konsumen seperti komposisi produknya, nama produk, kode produknya

Cek Ijin edar pastikan produk yang kita mau beli sudah ada ijin edar dari BPOM karena kalau sudah ada ijin edar dari BPOM berati sudah melewati proses pemeriksaan yang ketat sehingga aman untuk dikonsumsi.

Kadalurwasa nah ini bagian yang paling penting kita harus cek tanggal kadaluwarsanya karena ini menentukan suatu produk masih layak atau tidaknya untuk di konsumsi

Kampanye Cek KLIK ini harus disosialisasikan kepada seluruh masyarakat dengan kerjasama BPOM dan pelaku usaha salah satunya adalah Aprindo ( Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia ). Aprindo turut mengawasi dalam peredaran barang mulai dari pra pemasaran suatu produk, mulai dari memastikan kemasannya tidak rusak, mendata di retailer dan distrubutor.
Pelaku usaha mempunyai tanggung jawab dalam memberikan perlindungan konsumen berupa penyediaan produk yang aman juga memberikan edukasi kepada konsumen di sarana perbelanjaan dengan cara pemasangan materi edukasi Cek KLIK pada display counter di pusat belanja seluruh Indonesia.

Sebelum bertransaksi pastikan dulu ya kita sudah melakukan Cek KLIK nah sekarang ada BPOM Mobile yang memudahkan mencek suatu produk dengan cara yang sangat mudah tinggal scan Barcode yang ada di kemasan langsung deh muncul informasi lengkap tentang si produk tersebut mulai dari informasi Nomor Izin Edar dan/atau nomor identitas produk yang berlaku, nomor bets atau kode produksi, tanggal kedaluwarsa, dan nomor serialisasi, masyarakat jadi bisa tahu produk ini aman dan punya ijin edar. Aplikasi BPOM Mobile ini bisa dengan mudahnya diunduh melalui Goggle Play Store dan App Store.

Talkshow berlangsung interaktif dan saat sesi Talkshow berakhir kepala BPOM bersama narasumber lainnya berkunjung ke Hipermarket, salah satu retail untuk memeriksa produk dengan aplikasi BPOM Mobile langsung mempraktekkan kepada pengunjung yang hadir dan mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia agar menjadi konsumen yang cerdas, biasakan teliti dalam membeli produk.

BPOM juga selalu mencermati E Commerce atau Online Shop karena ini merupakan tantangan untuk BPOM dengan banyaknya penjualan produk melalui online yang hanya bisa dilihat gambarnya saja melalui website dan untuk melindungi masyarakat BPOM mempunyai Cyber Patrol yang selalu mengawasi.

Walaupun sudah ada BPOM kita sebagai konsumen memang harus cerdas dalam membeli,  tips yang diberikan BPOM adalah biasakan membeli obat dan makanan di jalur yang legal misal apotik yang sudah terdaftar dan gunakan mata untuk Cek dan KLIK, sehingga kita bisa tahu apakah produk bagus atau tidaknya.

Jika kita sudah melakukan Cek KLIK dan ternyata masih ada produk yang melakukan pelanggaran bisa menghubungi contact center HaloBPOM 1500533 atau mendatangi kantor Badan POM terdekat.

21 Replies to “Mari Menjadi Konsumen yang Cerdas dengan Cek KLIK sebelum Membeli”

  1. Waah ngeri banget yaa mbaa kalo sudah sampai kadaluwarsa, ngeri berdampak ke tubuh 🙁 emang penting banget sih cek klik ini. Alhamdulillah BPOM mengakomodir nya dengan adanya aplikasi mobile BPOM ini

  2. saya termasuk yang bawel kalau belanja, apalagi kalau belanja barenga asisten di rumah, biasanya main cemplung2 aja ke troli, saya pasti suruh ambil lagi dan meminta cek dulu kemasan dan tanggal kadaluarsanya.

  3. Wah terima kasih sudah mengingatkan. Aku pun kalau belanja barang sering tak lakukan CEK KLIK nih. Mesti dibiasakan mulai sekarang ya karena dampak buruk konsumsi makanan atau obat kadaluarsa itu berbahaya banget bagi tubuh

  4. Saya tuh tipe emak-emak yang teliti banget lihat kemasan sebelum beli apapun. Kadang suka kesal kalau minta paksu beli dan ketahuan produknya deket banget tanggal kadaluarsanya hehehe…

  5. Wah, kalau sudah ada aplikasinya seperti ini sangat membantu sekali ya. Dan memang kita sebagai konsumen dituntut cerdas saat akan membeli barang karena jika tidak kita sendiri yang rugi.

  6. Memang yang kayak gini ini penting banget yaaa mbak jangan sampe pas udah Sampe rumah baru ngeh Kalo ternyata labelnya kurang jelas atau makanannya udah kadaluwarsa, dll… Terutama sebagai ibu ya kita harus teliti ya mbak. Thanks for sharing

  7. Wah aku ini termasuk orang yang asal ambil kalau belanja..
    Suka nggak cek,, ternyata salah ya cara belanja ku

    Oke mulai sekarang aq mw jadi konsumen cerdas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *