Mencegah Kanker Serviks dengan Vaksinasi HPV

Mencegah Kanker Serviks dengan Vaksinasi HPV

 

(Sumber foto by Goggle)

Penyakit yang paling ditakuti dan menjadi momok bagi seorang wanita adalah kanker serviks karena bila sudah menjangkiti akan menjadi penyakit yang mematikan bagi wanita. Oleh karena itu kita perlu mewaspadainya karena pada stadium awal tidak akan terasa apapun,  gejala baru akan muncul ketika memasuki stadium akhir dan itu sudah fase terlambat untuk mengobatinya.

Untuk mencegah kanker serviks perlu dilakukan Screening  atau pap smear. secara berkala agar bisa diketahui lebih dini, untuk pencegahan ketika sel masih berada dalam fase awal pra kanker sehingga belum berkembang menjadi kanker serviks.

(Sumber foto by Goggle)

Penelitian yang telah di lakukan menemukan 99,7% bahwa kanker serviks disebabkan oleh virus HPV ( Human Papilloma Virus ) yaitu sekumpulan virus yang menginfeksi, manusia pada sel epitel kulit akan membran mukosa yang salah satunya ada di daerah kelamin.waspada jika mengalami pendarahan di luar masa mentruasi dan mengalami sakit panggul yang terus menerus alangkah baiknya cepat memeriksakan diri ke dokter.

Sangat penting untuk mengetahui penyebab kanker serviks dan faktor dimana potensi penyebarannya meningkat, macam macam faktor penyebab kanker serviks adalah

Kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok
Hubungan seks di usia terlalu muda sangat rentan karena beresiko penyebaran HPV sangat tinggi
Melahirkan terlalu banyak anak yang menyebabkan hormon pada waktu hamil membuat leher rahim rentan terserang HPV
Gonta ganti pasangan seksual meningkatkan resiko penyebaran virus HPV
Lemahnya sistem kekebalan tubuh

Sebagai wanita memang perlu banyak informasi yang akurat tentang kanker serviks dan saya mendapat banyak informasi saat mengikuti event pameran foto #IAm Truly Woman dengan fotografer Diera Bachir dan talkshow yang di adakan KICKS ( Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks ) pada tanggal 13 maret 2019, yang berlokasi di Atrium Plaza Senayan.

KICKS membuktikan langkah nyata dalam memberikan edukasi dan advokasi kepada masyakat akan pencegahan kanker serviks, Dr Vernita Eng MSc perwakilan dari YKI DKI dan juga pendukung KICKS mengatakan bahwa kanker serviks adalah satu satunya kanker yang bisa dicegah yaitu dengan melakukan vaksinasi HPV dan sayangnya banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahuinya.

Untuk memberikan edukasi kepada Masyarakat KICKS mengajak dua selebriti Cinta Laura dan Yuki Kato untuk melakukan vaksinasi HPV secara langsung untuk menunjukkkan bahwa ini adalah pencegahan primer terhadap kanker serviks.

Pemberian vaksinasi HPV adalah upaya KICKS dalam mengajak masyarakat Indonesia khususnya perempuan untuk tergerak dan segera melindungi diri dari kanker serviks. Seperti yang dikatakan Dr Vernita Eng bahwa kanker serviks banyak ditemukan pada perempuan usia produktif dan di Indonesia 70 persen saat di deteksi sudah pada stadium lanjut, padahal kalau sudah masuk stadium lanjut pengobatan menjadi lebih sulit dan mahal juga tingkat keberhasilan untuk sembuh juga menurun. Karena itu para perempuan harus melindungi diri mereka dengan deteksi dini dan vaksinasi HPV.

Pada kesempatan yang sama Cinta Laura Kiehl menyampaikan “saya sangat menyadari betapa penting untuk menjaga kesehatan kita karena kita pasti punya harapan dan impian untuk dicapai oleh karena itulah kita harus memastikan untuk tetap sehat dan produktif. Maka dari itu saya bersama KICKS menunjukkan tindakan nyata pencegahan kanker serviks dengan melakukan vaksinasi HPV. Saya mengajak perempuan lainnya untuk tergerak melakukan upaya yang sama agar mimpi dan harapan kalian tidak terhenti hanya karena penyakit yang bisa dicegah ini.

Senada dengan cinta Laura selebriti lainnya Yuki Kato juga melakukan vaksinasi HPV bersama KiCKS dengan pemikiran setiap perempuan dapat memiliki peran apapun yang mereka inginkan dan sebagai perempuan yang aktif Yuki Kato menyadari untuk selalu mempunyai kontrol akan kesehatannya dan Yuki Kato berharap Vaksinasi yang dia lakukan dapat menggerakkan perempuan lainnya agar segera melakukan vaksinasi HPV untuk melindungi diri dari bahaya kanker serviks karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Pemberian vaksinasi kepada Cinta Laura dan Yuki Kato dilakukan di area pameran foto #IAm Truly Woman yang digagas oleh KICKS dan Diera Bachir serta di dukung penuh oleh Plaza Indonesia. Marilah dari sekarang kita selalu menjaga kesehatan kita dan cegah kanker serviks dengan melakukan vaksin HPV.

5 Replies to “Mencegah Kanker Serviks dengan Vaksinasi HPV”

  1. Semoga ada nya campaign ini masyarakat semakin sadar ya akan bahaya nya jaket serviks, aplg sdh ada 2 artis cantiqq yg udh mau d vaksin HPV, Semoga menginspirasi kita semua ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *