Transformasi Ekonomi Digital Untuk Kemajuan Ekonomi Indonesia

Transformasi Ekonomi Digital Untuk Kemajuan Ekonomi Indonesia

Spread the love

Di era digital seperti sekarang perkembangan sistem teknologi dan informasi di sekitar kita sudah semakin canggih, hal inilah yang membuat ekonomi digital menjadi masa depan ekonomi Indonesia. Ini terlihat dari semakin banyaknya kegiatan sehari-hari kita yang terhubung erat dengan digitalisasi, mulai dari berkomunikasi, belanja,dan transportasi.

Metode pembayaran digital juga semakin banyak digemari masyarakat Indonesia.karena hal ini sangat memudahkan, kita tidak perlu lagi membawa uang cash yang banyak saat bepergian. Inilah salah satu titik awal masyarakat Indonesia untuk beralih ke transaksi non tunai atau cashless.

Metode pembayaran cashless yang sudah banyak kita pakai dalam keseharian yaitu e-wallet atau dompet digital. Di Indonesia, sudah banyak e-wallet yang seperti Link aja, OVO Payment, Go-Pay, DANA, dan masih banyak lagi. Perkembangan ekonomi digital membuat ibu rumah tangga seperti saya menjadi melek teknologi karena semua sistem sudah banyak yang digital juga online. Semua hal sekarang terasa lebih mudah dalam bertransaksi.

Pada hari Rabu, 11 Maret 2020 saya berkesempatan untuk hadir di acara diskusi dengan tajuk Digital Transformation for Indonesian Economic bersama Tempo Grup dengan tema yang pas di era milenial seperti sekarang “Finding The New Business Models”. Dengan menghadirkan nara sumber para ahli ekonomi yang kompeten di bidangnya.
Acara di hadiri oleh Bapak Toriq Hadad, Direktur Utama Tempo Media Grup; Bapak Kartika Wirjoatmodjo selaku Wakil Menteri BUMN; dan Bapak Perry Warjiyo selaku Gubernur BI.

Bapak Toriq Hadad selaku Direktur utama Tempo menjelaskan bahwa transformasi digital memang harus dilakukan karena semua hal sudah berubah menjadi serba digital agar kita bisa mengikuti perkembangan jaman. Transformasi digital akhirnya membuat semua pelaku bisnis untuk belajar merubah konsep bisnisnya agar sesuai dengan perkembangan jaman.

Gubernur Bank Indonesia Bapak Perry Warjiyo mengatakan sangat optimis dengan era digitalisasi karena membawa banyak harapan. Di era sekarang dengan banyaknya generasi milenial yang kreatif dan cerdas membuat potensi perkembangan ekonomi digital meningkat, mereka adalah generasi yang cerdas dan praktis yang melakukan hal dari rumah seperti mereka berbelanja melalui online dengan smartphone, bekerja juga dari rumah semua hal dilakukan dengan sekali klik saja.

Perkembangan plattform teknologi digital yang sangat cepat di Indonesia juga membutuhkan investasi yang sangat besar tapi dengan kecepatan transformasi digital membuat mudah UMKM digital terbangun.

Era digital membuat terciptanya peluang usaha yang beragam juga membuat iklim usaha lebih kompetitif. Hal ini akan membuka peluang usaha yang lebih besar bagi masyarakat, karena kegiatan usaha dan bisnis tidak lagi hanya konvensional tapi juga digital.

Ekonomi digital juga diharapkan bisa mendukung pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk agar bisa terus mengembangkan usahanya. UMKM adalah  pasar yang sangat besar di Indonesia. Para pelaku usaha diharapkan bisa mengikuti perkembangan zaman, agar usaha yang mereka jalankan bisa berkembang pesat. Hadirnya ekonomi digital para pelaku usaha UMKM akan bisa mengembangkan diri untuk memasarkan produk mereka ke seluruh dunia.

Bank Indonesia menerapkan Bank Sentral 4.0 dan merilis report Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 (BSPI 2025). Sebagai salah satu strategi dan dukungan penuh terhadap upaya membangun ekosistem yang sehat.

Bank Indonesia sebagai bank sentral berkomitmen mendukung pertumbuhan ekonomi digital dan inovasi dengan tetap menjaga stabilitas moneter dan sistem keuangan, sistem pembayaran yang aman, lancar dan efisien, serta mitigasi risiko dan perlindungan.

Diskusi inj  juga menghadirkan Jimmy Muhammad Rifai Gani CEO Dan Founder Orbitin. Yang merupakan Anak usaha Tempo, PT Info Media Digital (IMD) memperluas cakupan bisnis digitalnya ke pengembangan usaha kecil dengan membangun perusahaan rintisan (start up) Orbitin.

Orbitin merupakan plattform market place penghubung para penyedia jasa dengan konsumen yang membutuhkan peningkatan kapasitas individu dan usaha.Orbitin diharapkan dapat mendukung pengembangan UMKM kita agar bisa berjalan sukses menghasilkan keuntungan yang banyak.

  • Hadir panelis ahli di diskusi pertama, yaitu :
  • Filianingsih Hendarta, kepala DKSP BI,
    Indra Utoyo Managing Director Digital IT; Operation PT. BRI,
  • Karaniya Dharmasaputra CEO OVO,
    Moderator Tomi Aryanto Dir. Info Media Digital Tempo

Digitalisasi ekonomi banyak membawa berbagai macam perubahan, dengan digital ekonomi setidaknya memberikan keuntungan dalam meraih efisiensi, efektivitas, penurunan biaya produksi dan terkoneksinya satu pihak dengan pihak lain, oleh karena itu, transformasi digital sudah selayaknya dijadikan solusi untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dan sepatutnya menjadi fokus kita karena untuk keberhasilannya perlu dukungan semua pihak.

22 Replies to “Transformasi Ekonomi Digital Untuk Kemajuan Ekonomi Indonesia”

  1. bener buerte, beruntung banget bisa ikut dalam seminarnya ini karena yang hadir dan juga narsumnya orang-orang kece! Dan juga udah masanya transformasi digital ini untuk perkembangan dari perekonomian Indonesia ya

  2. Di era digital seperti sekarang ini semua memang dituntut serba digital. Termasuk cara pembayaran ya Mbak. Buatku sendiri pembayaran dengan dompet digital atau cashless sangat membantu sekali karena aku jarang bawa uang cash jumlah banyak. Lebih enak bayar pakai OVO , Dana, Go Pay..

  3. Di zaman yang semakin berkembang ini kita juga harus berinovasi menciptakan sesuatu yang baru ya mbak. Kalo jaman ya digital, arah ekonomi ya juga digital, makin maju.

  4. Perkembangan ekonomi secara digital memang bertujuan untuk meraih milenial dalam berusaha. Semua bertujuan untuk kemajuan ekonomi Indonesia yang lebih baik. Acara ini bagus banget mbak.

  5. Seminar nya keren dan sangat betmany yah mba, bener banget mba sangat membantu. Aku yang oeluoa nih suka ga bawa dompet, terbantu banget dengan pembayaran digital atau cashless ini

  6. Kalau UKM maju maka akan berpengaruh pada perkembangan dunia usaha. Apalagi kalau pakai pembayaran digital, Mpo sebagai masyarakat pasti senang karena tidak ada lagi uang logam di dompet

  7. Kalau UKM maju maka akan berpengaruh pada perkembangan dunia usaha. Apalagi kalau pakai pembayaran digital, Mpo sebagai masyarakat pasti senang karena tidak ada lagi uang logam di dompet

  8. Menarik nih pembahasannya
    Tapi kadang sedih aku karena gak semua lapisan masyarakat yg bisa ngikutin transformasi digital ini
    Kayak umkm yg biasanya di kampung2 gitu. Smoga pemerintah bisa membuat program jitu buat mrk

  9. menarik nih seminarnya. semua serba digital. cuman memang si nggak semua lapisan masyarakat bisa ikut serta maju dalam teknologi digital ini. ya maybe karena keterbatasan fasilitas. smoga pemerintah dan para stakeholder bisa bikin mrk ikut maju juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *