Tokio Marine Life Insurance Mengedukasi Masyarakat untuk Bijak Memilih Asuransi

Tokio Marine Life Insurance Mengedukasi Masyarakat untuk Bijak Memilih Asuransi

Spread the love

Tokio Marine Life Insurance Mengedukasi Masyarakat untuk Bijak Memilih Asuransi

Masa Pandemi seperti saat ini telah membuat banyak orang untuk berpikir ulang mengenai pengelolaan keuangan.Terlebih bagi mereka yang sudah berkeluarga dan dengan penghasilan rata-rata.

Dampak langsung dari situasi pandemi ini adalah keuangan yang berpotensi jadi tidak sehat dan pengelolaan keuangan yang sudah dibuat bisa berantakan.

Proses perencanan keuangan dimulai dengan menuliskan semua anggaran yang kita miliki Sebelumnya. kita telah menyisihkannya untuk keperluan dana darurat seperti dana saat sakit, terkena PHK, dan lain sebagainya.

Setelah itu membuat tujuan mulai dari jangka pendek (uang kuliah), jangka menengah (kendaraan, bayar rumah), dan jangka panjang (dana pensiun). Serta mengelola surplus yang ada untuk dimanfaatkan sebagai investasi. Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah pentingnya asuransi sebagai proteksi terhadap hidup yang penuh ketidakpastian.

Untuk sebagian orang, asuransi boleh jadi belum menjadi sesuatu yang familiar. Padahal, asuransi sebenarnya mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah Asuransi dapat memproteksi diri kita dari hal-hal yang tidak bisa kita prediksi.

Semua hal tentang perencanaan keuangan dan proteksi diri tercerahkan dengan mengikuti webinar bersama Tokio Marine Life Insurance Indonesia dengan tema Bijak Memilih Asuransi Yang Tepat dan Aman.

Webinar di adakan hari rabu tanggal 28 April 2021. Nara sumber yang hadir adalah para ahli dibidangnya

Adrian Maulana – Senior Vice President Schroders Indonesia

Tri Djoko Santoso, Ketua Financial Planning Standards Board Indonesia

Muhammad Irsan, Head of Agency Training & Manpower Development Tokio Marine Life Insurance Indonesia.

Webinar ini diselenggarakan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar bisa memilih produk asuransi yang bagus dan mengetahui tentang perusahaan asuransi yang kredibel juga informasi yang akurat tentang asuransi.

Banyaknya kesalah pahaman tentang asuransi akibat literasi masyarakat yang kurang adalah salah satunya penyebabnya.

Maraknya kasus kerugian investasi dari produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi tidak lepas dari masih belum meratanya tingkat literasi masyarakat atas asuransi jiwa.

Muhammad Irsan, Head of Agency Training & Manpower Development, PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia menerangkan dari pemaparan di atas, berbagai keluhan pemegang polis yang muncul di media social dan terjadi di tengah situasi pandemi COVID-19 dengan penetrasi asuransi jiwa di Indonesia yang rendah menunjukkan perlunya semua pihak di industri ini untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memahami fungsi asuransi jiwa sebagai sarana perlindungan dan perencanaan keuangan keluarga masa depan.

Bijak dari sisi perencanaan keuangan adalah bagaimana tentang membedakan kebutuhaan atau keinginan, contohnya adalah saat kita minum kopi yang merupakan kebutuhan. Harga kopi bervariasi mulai dari lima ribu sampai puluhan ribu, jika kita merasa perekonomian kita kurang bagus ya jangan memilih kopi yang mahal karena ini sama saja dengan inenuruti keinginan bukan kebutuhan,  sebaiknya memilih kopi yang sesuai dan terjangkau dengan isi kantong.

Hal ini.juga berlaku untuk asuransi pilihlah produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kita dengan polis yang juga terjangkau dengan pendapatan yang kita miliki.

Asuransi jiwa dikaitkan dengan kematian tapi dampak dari kematian adalah keluarga yang ditinggalkan banyak dari anak anak yang kehilangan kepala keluarga yang merupakan sang pencari nafkah tidak bisa sekolah karena tidak ada biaya, sehingga saat kepala keluarga meninggal ada dampak emosional dan dampak finansial

Meninggalnya seseorang ada berbagai macam penyebabnya ada yang karena sakit dan ada yang meninggal karena kecelakaan dan cacat sehingga tidak bisa mencari nafkah lagi.
Orang sakit butuh biaya apalagi yang terjangkit penyakit berat ada berpuluh puluh polis asuransi yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan.

Polis asuransi jiwa fungsi utamanya adalah proteksi keuangan menyeluruh, yaitu melindungi keuangan keluarga karena hilang atau berkurangnya penghasilan (income protection) dan kekayaan (wealth protection) seorang pencari nafkah.

Dalam perencanaan keuangan, polis asuransi jiwa memiliki peran sangat penting bagi keluarga dari sejak seorang mulai bekerja (income and debt protection), menikah, memiliki anak sampai meninggal (warisan), ungkap Tri Djoko.

Karena itu, Polis asuransi jiwa dikemas dalam bentuk premi proteksi saja dan premi proteksi + nilai tunai (tabungan atau investasi) untuk tujuan dan manfaat keuangan yang berbeda. “Seiring berjalannya waktu, premi proteksi asuransi akan terus meningkat seiring bertambahnya usia, inflasi dan jenis proteksi.

Premi nilai tunai salah satunya manfaat untuk membantu membayar kenaikan premi asuransi, selain itu, premi nilai tunai dapat memberi manfaat tabungan dan investasi lainnya,” papar Tri Djoko.

Senior Vice President PT Schroders Investment Management Indonesia Adrian Maulana menjelaskan banyak hal tentang berinvestasi, calon investor  harus mengenal produk investasi dan profil risiko dari nasabah. “Sebabnya, tingkat risiko dari setiap jenis instrumen investasi itu berbeda-beda dan disesuaikan dengan profil risiko nasabah.

Di sisi lain, peran perusahaan asuransi juga perlu untuk memberikan edukasi kepada calon investor atau pemegang polis, karena mereka mempunyai hak untuk berinvestasi sesuai dengan profil risikonya. Kedua unsur ini sangat penting agar tidak muncul dispute di kemudian

Dalam hal pembelian produk asuransi yang terhubung investasi, nasabah berhak menentukan pilihan investasi dan sebaiknya memilih jenis instrumen investasi dengan hati-hati sesuai dengan profil risiko nasabah.

Setiap produk asuransi itu mempunyai fasilitas untuk melakukan switching. Dalam artian, fitur switching ini diberikan untuk memudahkan nasabah jika ingin merubah jenis produk investasinya apabila terdapat perubahan toleransi risiko nasabah yang sesuai dengan isian profil risiko nasabah, ungkap Adrian.

Dari berbagai macam proteksi yang ada kita harus bijak memilih mana yang kita butuhkan
Untuk menjamin polis kita kedepannya.

Ada beberapa indikator yang dapat menjadi panduan untuk calon nasabah dalam memilih perusahaan asuransi dan produknya diantaranya

  • Perusahaan asuransi yang memiliki tata kelola yang baik dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  • Perusahaan Asuransi yang transparan dalam memberikan informasi dan mudah diakses
  • Tenaga pemasar terdaftar dan memiliki sertifikasi keagenan dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)
  • Tenaga pemasar mampu memberikan informasi tentang produk asuransi yang dijual

Tokio Marine Life Insurance Indonesia, mempunyai program pelatihan berkala bagi para tenaga pemasar sehingga secara khusus mengundang trainer profesional untuk memberikan program pelatihan yang komprehensif sebagai bekal para tenaga pemasar agar dapat menjual produk dengan cara yang benar

Di tengah pandemi perusahaan asuransi juga memanfaatkan kemajuan digital. Penjualan polis asuransi pun sudah bisa dilakukan secara online sehingga masyarakat dapat lebih mudah untuk mendapatkan perlindungan.

Tokio Marine Life Insurance Indonesia sebagai perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar di OJK dan berkomitmen kuat dalam membangun industri asuransi yang terpercaya terus beradaptasi dengan masa pandemi ini.

Tokio Marine Life Insurance Indonesia berinovasi melakukan pengembangan aplikasi Activity Management System (AMS) untuk penjualan Non Face to Face (NF2F). Tujuan dari AMS NF2F ini adalah untuk menjadikan para tenaga pemasar sebagai kepanjangan tangan Tokio marine Life Insurance Indonesia dalam membantu masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan asuransinya tanpa risiko tertular Covid 19.

Aplikasi AMS NF2F ini juga mendukung para tenaga pemasar untuk mencapai targetnya walaupun di masa pandemj mulai dari memantau aktifitas penjualan, melakukan pengisian SPAJ secara daring, proses approval di Underwriting hingga Polis terbit dan diterima oleh Nasabah.

Tokio Marine Life Insurance Indonesia pun tanpa henti terus berjuang melakukan literasi finansial kepada masyarakat di sepanjang masa pandemi ini. Tokio Marine Life Insurance Indonesia juga secara rutin melakukan literasi.

Hal ini dilakukan untuk mengembalikan kepercayaan kepada masyarakat terhadap produk asuransi dan perusahaan asuransi.

Literasi membutuhkan kepedulian juga kerja sama dari berbagai pihak agar masyarakat tahu dan perusahaan asuransi juga transparansi terhadap agennya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *