Tips Menata Rumah Mungil Menjadi Nyaman di IPEX 2019

Tips Menata Rumah Mungil Menjadi Nyaman di IPEX 2019

Mempunyai rumah idaman adalah menjadi impian setiap orang. Namun di jaman sekarang memiliki rumah memerlukan uang yang tidak sedikit dan kerja keras untuk mewujudkannya itu disebabkan harga tanah yang semakin meningkat serta berkurangnya lahan pemukiman di daerah perkotaan, membuat impian memiliki rumah sedikit terkendala.

Kondisi harga rumah yang mahal membuat orang memilih untuk membuat rumah dengan tema minimalis. Konsep rumah minimalis memang sangat cocok untuk digunakan pada lahan rumah yang sempit. Lahan yang sempit dengan bangunan rumah yang kecil kadang menjadi masalah saat kita salah memilih design rumah dan perabot.

Saat saya berkesempatan untuk hadir diacara Talkshow yang di gelar pada hari Rabu tanggal 31 Juli 2019 lalu di Jakarta Convention Center yang menghadirkan tema Serba Serbi Menata Rumah. Di Jakarta Convention Centre sedang berlangsung IPEX (Indonesia Properti Expo) yaitu pameran perumahan yang banyak di ikuti oleh perumahan yang berlokasi mulai dari Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor dan pameran mulai tanggal 27 Juli – 4 Agustus 2019.

Bintang tamu yang dihadirkan adalah Adelya Vivin dan Kak Zata Ligouw, ibu rumah tangga yang sangai pandai menata rumah, acara di pandu oleh Teh Ani Berta founder dari komunitas ISB.

Saya bersama para blogger lainnya mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat karena kebetulan memang rumah saya kecil. Untuk menata rumah kecil atau disebut Small Space Living di perlukan beberapa hal yang harus di perhatikan ujar Adelya Vivin yaitu

  • Tahap perencanaan, menentukan apa saja kebutuhan seluruh kluarga sebagai contoh untuk ibu bisa di buatkan dapur yang bagus dengan alat alat dapur yang bagus. Untuk Bapak bisa dibuatkan ruang kerja dan anak tempat bermain.
  • Mengenal karakter diri dan keluarga seperti tema apa nih yang di buat untuk rumah misalkan ibu yang suka beres beres di buatkan tema rumah ala jepang yang bersih dan semua perabot ada dalam penyimpanan.
  • Referensi apa yang disukai misalkan bagi yang suka travelling ide didapatkan saat menginap di hotel saat travelling bisa meniru design kamar hotelnya yang bagus, sofanya yang nyaman, atau suka ke Coffe shop bisa di tiru penerangan dan suasana coffe shop yang nyaman sehingga kita bisa betah di rumah.
  • Menghitung budget yang kita punya, semua tema rumah yang kita pilih hendaknya disesuaikan dengan budget yang kita punya.
    Jika semua hal sudah terpenuhi rumah bisa di isi dengan furniture yang di sesuaikan dengan ruangan, agar terlihat lebih serasi gunakan tone warna yang senada.
  • Kita juga harus memakai lighting yang tepat agar rumah terlihat terang dan luas. Buatlah Sky light itu membuat suasana ruangan terang dengan cahaya alami dari atas.

Sesuai dengan tema rumah kecil tampilan rumah harus tetap terlihat luas dan bagus meskipun didesain dengan sederhana. Cat yang dipilih warna putih, abu-abu, krem, kuning, dan warna cerah lainnya. Pemilihan warna-warna tersebut dapat membuat efek luas pada rumah kita . warna-warna ini dapat kita gunakan untuk di luar ataupun di dalam rumah.

Jangan lupa untuk membuat storage agar barang barang tidak berantakan dan rumah tetap terlihat lapang.bisa ditambahkan tanaman hijau agar rumah terlihat segar dan asri.

Sharing session lainya di berikan oleh kakak Zata Ligouw yang memberikan tips menata ruang kerja di rumah sebagai seorang Blogger yang sudah ternama Zata Ligouw pernah memenangkan lomba blog dengan hadiah pergi ke Jepang dan menunjukkan meja kerja tempat kak Zata menulis untuk blognya.

Untuk membuat meja kerja tidak harus yang mewah dan mahal tapi sebaiknya memanfaatkan barang yang ada di rumah. Langkah pertama pilih beberapa spot yang ada dalam rumah untuk dijadikan ruang kerja seperti ruang keluarga agar saat bekerja bisa tetap memantau anak, jika masih ada ruang kosong dirumah bisa loh dijadikan pilihan untuk ruang kerja.Meja kerja harus ergonomis atau tidak bikin pegal saat digunakan. Di sesuaikan dengan postur tubuh kita.

Saat awal membuat meja kerja kak Zata membuatnya dari meja rias yang di modifikasi, pilihlah aksesories yang keren dan kita sukai agar mampu membuat mood menjadi baik. Buat Modboard denga di tempel gambar yang mau di kunjungi atau sebagai target untuk lebih baik lagi. Sebagai penunjang sangat perlu loh di taruh tanaman agar mata saat melihatnya bisa segar dan rasa capek bisa hilang.

Mengikuti Talkshow membuat saya ingin menata lagi ruangan di rumah saya agar bisa tambah nyaman. Setelah talkshow berakhir saya menyempatkan untuk keliling pameran Indonesia Properti Expo ( IPEX). Bank BTN adalah sponsor tunggal untuk penyediaan fasilitas kredit/pembiayaan KPR atau KPA. Pada IPEX ini, Bank BTN juga merangkul pengembang untuk meraih program promo yang menarik.

Di antaranya untuk pengembang rumah KPR Non-Subsidi yang memberikan subsidi bunga kurang lebih 2% selama 1 tahun atau lebih akan menikmati keringanan uang muka sebesar 0%.dan kabar gembiranya bagi pegawai negeri atau aparatur sipil Negara, Tni dan Polri uang muka 0 % bisa didapatkan Informasi lengkap bisa loh di klik https://inapex.co.id/  atau dilihat akun instagram @Indonesia Properti Expo.

3 Replies to “Tips Menata Rumah Mungil Menjadi Nyaman di IPEX 2019”

  1. Desain memang harus dikomunikasikan dengan anggota keluarga, apa kehutuhannya, apa kesukaannya.. contoh desain rumah minimalis kok ngga ada?

  2. Desain memang harus dikomunikasikan dengan anggota keluarga, apa kehutuhannya, apa kesukaannya sehingga penghuni punya kenyaman bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *