Sarapan Gandum Utuh Membuat Tubuh menjadi Sehat dan Bugar

Sarapan Gandum Utuh Membuat Tubuh menjadi Sehat dan Bugar

Pentingnya sarapan untuk memulai aktivitas pagi sudah tidak kita ragukan lagi tapi tahukah kita kalau sarapan tidak melulu soal nasi uduk atau lontong sayur karena ada banyak pilihan agar sarapan bisa mengandung banyak nutrisi.

Sarapan pagi mempunyai banyak manfaat karena tubuh membutuhkan asupan nutrisi agar berenergi untuk memulai aktifitas sepanjang hari dengan sarapan kita bisa meningkatkan konsentrasi ke otak. Sarapan pagi yang bernutrisi juga akan mengembalikan gula darah yang menurun, membantu menjaga mood jadi bisa ceria sepanjang hari.

Saya kalau tidak sarapan bawaannya lapar dan pingin makanan apa saja untuk di konsumsi padahal itu salah karena saat sarapan hendaknya mengkonsumsi makanan yang bernutrisi seperti mengkonsumsi gandum utuh seperti  beras merah, jagung,  karena banyak mengandung banyak serat dan vitamin dan baik untuk dikonsumsi.

Saya semakin tahu kalau mengkonsumsi kandungan serat dan gandum utuh dapat menurunkan resiko penyakit kronis tidak menular seperti kanker usus dan stroke. Informasi lengkapnya saya dapatkan saat saya mengikuti acara Nestle Breakfast Cereals  pada hari Kamis tanggal 28 Maret 2019 yang berlokasi di Three Buns Cafe
Karena menyadari betapa pentingnya mengkonsumsi gandum utuh Nestle Breakfast Cereal meluncurkan tantangan 7 Days Wholegrain Challenge  atau tantangan 7 hari gandum utuh yang mengajak orang tua di Indonesia untuk menambahkan gandum utuh ke dalam menu sehari hari para orang tua diajak berbagi ide menu kreasi mereka di media sosial untuk menginspirasi agar orang lain mau memulai kebiasaan sehat tersebut dan diedukasi tentang banyaknya kebaikan dari gandum utuh bagi tubuh dengan cara yang menarik.

Nara sumber Bapak Alaa Shaaban selaku Business Executive Officer Cereal Partners Worldwide Indonesia mengatakan ‘Tantangan 7 hari gandum utuh merupakan bagian dari partisipasi Nestle Breakfast Cereals dalam kegian PESAN ( Pekan Sarapan Nasional ) dan sebagai bentuk komitmen dalam menyediakan sarapan yang sehat dan bergizi bagi keluarga.
Kampanye ini juga sejalan dengan inisiatif global “Nestle For Healthier Kids ‘ yang menargetkan untuk membantu 50 juta anak anak agar hidup lebih sehat dan bahagia. Gandum utuh dipercaya bisa berdampak positif bagi kesehatan masyarakat jika ditambahkan dalam porsi sarapan. keluarga Indonesia diharapkan untuk rutin sarapan sehat setiap harinya.

Nara sumber lainnya Prof. Ali Khomsan Guru Besar Pangan dan Institut Pertanian Bogor mengatakan bahwa masyarakat Indonesia belum mengkonsumsi gandum utuh secara cukup dalam makanan mereka setiap harinya. Padahal mengkonsumsi gandum utuh secara bersamaan dengan buah dan sayuran bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan. Penelitian Harvard School of Publik Health menyebutkan bahwa mengkonsumsi gandum utuh secara teratur bisa mencegah penyakit stroke, jantung koroner, diabetes dan tekanan darah tinggi. Penelitian juga menyebutkan bahwa gandum terdiri dari 3 bagian penting yaitu, inti gandum utuh yang bertepung ( Starchy Core), bagian tengah yang kaya nutrisi ( Nutrient packed Center ) dan lapisan gandum utuh ( fiber bran layer ) yang banyak mengandung vitamin, mineral dan kaya akan antioksidan. Produk Nestle Breakfast Cereals adalah produk yang menggunakan gandum utuh sebagai bahan utama, dan tiap porsinya mengandung sedikitnya delapan gram gandum utuh.

Nestle Breakfast Cereals mempunyai varian produk seperti Koko Krunch, Milo Balls, Honey Star dan Cornflakes. Semua produk tersedia dalam ukuran dan kemasayan yaitu kemasan kotak, Combo, Pouch dan Sachet.
Acara peluncuran 7 Days Whole Grain Juga mengadakan demo masak oleh Chef Steby Rafael dengan dua menu: Whole Grain Breakfast Shaksouska khas Timur Tengah sajian telur disajikan saus tomat dan pan langsung, ditambahkan tortila (tepung gandum). Ini sajiannya setelah matang mirip dengan pizza dan rasanya sangat enak bisa dipastikan anak anak akan menyukainya.

Kemudian menu yang kedua adalah Sweet Kokoda masakan dari Fiji Island yang menggunakan santan, buah alpukat dan disajikan di atas batok kelapa, di taburi bubuk kelapa juga ditaburi buah buahan diatasnya.

Setelah demo masak para blogger diajak untuk berlomba menyajikan kreasi makanan sarapan dari produk Nestle Breakfast Cereals dengan macam macam topping diatasnya. Kita jadi tahu bagaimana membuat sarapan yang sehat dengan berbagai macam variasi makanannya. Sarapan pagi memang sangat penting sekali buat kesehatan tubuh jadi jangan pernah ya untuk melewatkan sarapan yang bergizi agar tubuh tetap segar dan fit setiap hari.


3 Replies to “Sarapan Gandum Utuh Membuat Tubuh menjadi Sehat dan Bugar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *