Program Langit Biru Mendorong Masyarakat Beralih ke BBM Ramah Lingkungan

Program Langit Biru Mendorong Masyarakat Beralih ke BBM Ramah Lingkungan

Spread the love

Tinggal di lingkungan bersih dengan udara bersih bebas polusi merupakan dambaan semua orang. Namun tidak mudah untuk menciptakan hal tersebut hingga bisa mewujudkannya. Tidak jarang karena kesibukan dan berbagai alasan lain, kita kurang memperhatikan masalah kebersihan lingkungan di sekitar kita, terutama lingkungan sekitar rumah.

Polusi udara belakangan ini masih menjadi masalah atas buruknya kualitas udara, hal ini disebabkan dari berbagai macam hal salah satunya jumlah kendaraan yang semakin hari semakin bertambah, aktivitas industri, debu jalanan, pembuangan sampah rumah tangga, serta pekerjaan konstruksi bangunan.Di kota-kota besar polusi udara berasal dari emisi kendaraan bermotor, sisanya berasal dari kegiatan industri, seperti cerobong asap pabrik.

Upaya mengurangi pencemaran udara, dapat dilakukan melalui pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor. Salah satunya dengan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) bergandengan tangan dengan Pertamina dalam Webinar yang disiarkan langsung oleh radio KBR pada hari Kamis 11 February 2021, dengan Tema BBM Ramah Lingkungan Guna Mewujudkan Program Langit Biru.

YLKI mendorong penggunaan BBM ramah lingkungan untuk mewujudkan program langit biru. Yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada masyarakat agar lebih tahu tentang bahan bakar yang ramah lingkungan kemudian beralih memakainya, untuk mewujudkan kualitas udara yang lebih bersih sehingga masyarakat lebih sehat lagi.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Bapak Tulus Abadi menyebutkan bahwa kendaraan bermotor yang kita pakai sehari hari berkontribusi terhadap polusi udara, penerapan uji emisi kendaraan sudah seharusnya seimbang dengan pemakaian BBM ramah lingkungan. Karena kualitas udara sangat berperan penting dalam kesehatan kita.

Bapak Fanda Chrismianto Sales Area Manager Pertamina menjelaskan saat ini Pertamina sebagai produsen bahan bakarĀ  telah menyediakan BBM dengan kualitas yang baik dan ramah lingkungan.

Pertamina juga aktif mengedukasi masyarakat dengan memberikan pengalaman menggunakan BBM ramah lingkungan melalui Program Langit Biru

Program Langit Biru telah di laksanakan di berbagai daerah seperti Denpasar, Tanggerang Selatan, Gianyar dan Palembang dan mendapat respon positif dari masyarakat sekitar.

Pertamina berharap masyarakat berperan aktif dan ikut mendorong penggunaan BBM dengan kualitas lebih baik dan ramah lingkungan demi mewujudkan lingkungan dan masyarakat yang lebih sehat.

Perbaikan Kualitas udara yang semakin baik akan seimbang dengan perbaikan kesehatan masyarakat, banyak dampak positif yang kita dapatkan salah satunya biaya kesehatan bisa ditekan dan penghematan bahan bakar, karena dengan memakai bahan bakar yang bagus otomatis mesin kendaraan akan terawat dengan baik, bahan bakar yang kotor juga dapat menimbulkan pencemaran udara.

Sebagian masyarakat masih banyak yang belum memiliki kesadaran akan udara yang bersih bebas polusi, sehingga masih mempunyai pemikiran dengan memakai bahan bakar yang lebih rendah maka pengeluaran juga akan lebih rendah. Padahal dimensi biaya itu tidak bisa dipisah-pisahkan, tapi terintegrasi dengan biaya kesehatan, selain itu biaya perawatan kendaraan kita akan lebih banyak dengan memakai bahan bakar yang tidak bagus dan ramah lingkungan

BBM produksi Pertamina ada berbagai macam jenisnya, berdasar nilai oktan adalah: Premium nilai oktan (RON) 88, Pertalite nilai oktan (RON) 90, Pertamax nilai oktan (RON) 92, Pertamax Plus nilai oktan (RON) 95, Pertama Turbo nilai oktan (RON) 98.

Untuk Jenis BBM produksi Pertamina berdasar nilai cetane adalah: Pertamina Dex dengan angka cetane 53, Dexlite dengan cetane minimal 51, Solar dengan angka cetane 48.

Dari sekian banyak jenis BBM yang dipasarkan PT Pertamina, jenis BBM yang memiliki kualitas bagus dan lebih ramah lingkungan adalah, BBM dengan nilai oktan tinggi dan BBM dengan nilai cetane tinggi jauh lebih berkualitas dan lebih ramah lingkungan.

Bahan bakar minyak (BBM) dengan kadar Research Octane Number (RON) tinggi akan membuat udara lebih bersih dan sehat, antara lain karena kadar PM 2.5 dan CO berkurang, sehingga meningkatkan pula kesehatan paru-paru. Kalau paru-paru sehat, otomatis memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik terhadap virus apalagi pada masa pandemi seperti saat ini.

Penggunaan BBM ramah lingkungan menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin hidup bersih dan sehat, terhindar dari penyakit. Dukungan masyarakat akan hadirnya udara bersih ditunjukkan dengan meningkatnya konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan angka oktan yang lebih tinggi. Pemilihan bahan bakar yang tepat sangat berdampak pada masyarakat luas, karena, hampir semua sektor terkait erat dengan transportasi.

Program Langit Biru sebagai bentuk komitmen terhadap pelestarian lingkungan, memperoleh dukungan dari masyarakat Dengan semakin bertambahnya kesadaran dan kepedulian masyarakat akan penggunaan energi BBM bersih yang rendah emisi, diharapkan pelestarian lingkungan dapat sejalan dengan kembali pulihnya aktivitas kegiatan ekonomi masyarakat.

komitmen bersama antara pemerintah dan masyarakat, untuk beralih kepada BBM ramah lingkungan. Sangat dibutuhkan Karena dampak yang dirasakan bukan hanya pada kendaraan, tetapi juga kepada pencemaran udara dan tentunya bagi dampak lingkungan. Mari kita optimalkan program Langit Biru agar kualitas udara akan semakin baik dan kesehatan kita semua selalu terjaga.

13 Replies to “Program Langit Biru Mendorong Masyarakat Beralih ke BBM Ramah Lingkungan”

  1. Penggunaan bbm ada dua pilihan satu harga agak mahal maka kualitas bagus buat mobil nya dan tentunya bagi lingkungan…itu yg mesti di kampanye kan ke masyarakat lewat media / spbu langsung.

  2. Bener nih Mba.. kata Bapak Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), yang mengatakan bahwa kendaraan bermotor yang kita pakai sehari hari berkontribusi terhadap polusi udara, apalagi zaman now seringnya satu orang memakai satu kendaraan. Semakin banyak energi terbuang dan semakin banyak menyumbang polusi. Semoga program langit biru semakin meluas ya mba.. tidak hanya sekitaran Jawa, Bali dan Palembang. Tapi seluruh kota besar di indonesia. Aamiin

  3. Memang butuh edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan BBM ramah lingkungan ini. Karena tidak sedikit yang berpikiran yang penting murah. Padahal yang saya rasakan sendiri, BBM ramah lingkungan ini sebenarnya sangat memberikan efek yang baik ke kendaraan kita. Jadi kita dapat dua keuntungan loh.

  4. Memang masih banyak kendaraan terutama angkutan umum yang belum menggunakan BBM ramah lingkungan, semoga seiring dengan semakin terjangkaunya BBM ramah lingkungan akan semakin banyak kendaraan yang memilih jenis BBM ini, apalagi BBM ramah lingkungan aman untuk mesin kendaraan dalam jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *