Pentingnya Deteksi Dini Demensia Alzheimer Agar Masa Tua Produktif Dan Bahagia

Pentingnya Deteksi Dini Demensia Alzheimer Agar Masa Tua Produktif Dan Bahagia

Spread the love

Hai Moms pernah gak sih merasa lupa menaruh sesuatu di suatu tempat tapi kita tidak bisa mengingatnya sama sekali, hal ini mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang biasa ya tapi ternyata ini bisa juga disebabkan gejala pikun atau demensia yang tidak bisa kita anggap sepele.

Penurunan daya ingat atau pikun bukan hanya masalah orang berusia lanjut, melainkan juga orang muda yang masih produktif. hal inilah yang saya ketahui saat saya mengikuti Webinar kesehatan Webinar Festival Digital Bulan Alzheimer Sedunia, pada hari Minggu, 20 September 2020.

Pada acara ini membicarakan semua hal tentang pikun atau Demensia, kegiatan ini adalah Program Kampanye Edukatif #ObatiPIkun yang diadakan oleh PT Esai Indonesia dan Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI). Dengan tujuan untuk memberikan informasi edukatif kepada masyarakat agar bisa mendeteksi dini penyakit Alzheimer sehingga pasien bisa cepat ditangani dan diobati.

Bulan September merupakan bulan diperingatinya Alzheimer Awareness Month, dimana kegiatan ini bisa diikuti oleh siapapun, mulai dari Dokter Spesialis, Dokter umum dan masyarakat awam
Festival dibuka secara virtual oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Siti Khalimah dan Ketua Umum Pengurus Pusat Perdossi Dr. Dodik Tugasworo.Presiden Director PT Eisai Indonesia (PTEI), dr. Iskandar Linardi.

Saat memgikuti Webinar Festival Alzheimer ini banyak hal diketahui tentang pikun atau demensia juga bagaimana pelupa biasa atau pelupa karena demensia yuk kita cari tahu perbedaannya,  pelupa dengan pikun sangat berbeda.

Pelupa terjadi karena gangguan pemusatan perhatian sementara, ciri cirinya

  • Melupakan nama seseorang yang kita tidak temui setiap hari.
  • Sesekali kesulitan berbicara karena lupa menemukan kata yang tepat jadi mau ngomong tuh seperti sulit sekali.
  • Mengeluh sering lupa tapi dapat memberikan contoh hal yamg dilupakan
  • Ingat hal hal penting,  pembicaraan dengan orang lain tidak terganggu
    Kehidupan sosial seperti biasa
  • Kadang kesulitan arah tapi tidak tersesat

Sedangkan Pikun terjadi karena fungsi kognitif menurun disertai gangguan aktivitas keseharian ciri cirinya

lupa nama orang yang sering bertemu,sering lupa sesuatu yang penting, kemampuan sangat terganggu
Kehilangan minat untuk aktifitas sosial
kemampuan berbicara sangat terganggu,
tersesat, bahkan di lingkungan sekitar rumahnya,

Demensia, suatu sindrom gangguan penurunan fungsi otak yang mempengaruhi fungsi kognitif, emosi, daya ingat perilaku dan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Sedangkan Alzheimer sendiri merupakan gangguan sel-sel saraf, dimana proses penuaan ini terjadi pada orang tua atau lansia. Jadi, Alzheimer ini khusus buat orang tua.

Demensia Alzheimer merupakan momok yang menakutkan bagi para lansia di Indonesia karena Indonesia mengalami peningkatan jumlah penduduk lansia yang menderita demensia Alzheimer oleh karena itu deteksi dini dapat membantu penderita demensia dan anggota keluarganya untuk bisa dengan sabar menghadapi dampak penurunan fungsi kognitif dan pengaruh psiko-sosial dari penyakit ini dengan lebih baik.

Selain itu penanganan demensia sejak dini juga penting untuk mengurangi percepatan kepikunan, sehingga para lansia masih bisa terus aktif di masa tua mereka.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah pikun salah satunya adalah dengan

  • menjalankan hidup sehat berolahraga
  • rutin, banyak makan sayur dan buah
  • hindari stress dan jangan merokok dan yang terpenting selalu berpikir positif
  • membiasakan otak bekerja dengan baik
  • perbanyak silahturahmi dengan
  • bersosialisasi dengan orang lain.

Mengikuti festival Alzheimer sangat bermanfaat untuk saya karena banyak hal yang dapat tentamg Demensia bagaimana mencegah dan cara penanganannya. Festival Alzheimer juga memperkenalkan aplikasi deteksi dini Demensia Alzheimer bernama aplikasi E-Memory Screening (EMS).

Aplikasi EMS dibuat oleh anak bangsa, dan mulai tanggal 20 September 2020 sudah bisa di download di Playsore secara gratis bernama E-MS Sahabat. Aplikasi E-MS dapat menilai kondisi memori kita dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan Demensia Alzheimer sehingga bisa mendeteksi apakah pengguna aplikasi terkena penyakit Demensia Alzheimer atau tidak.

Aplikasi yang mudah sekali untuk digunakan, terdapat berbagai fasilitas, ada artikel yang bermanfaat, banyak list dokter beserta call center dan alamat sehingga dengan mudahnya kita menghubungi dokter untuk bisa berkonsultasi.

Kebetulan saya mempunyai tetangga dengan anggota keluarga yang memiliki sakit Demensia Alzheimer saya bisa melihat sendiri betapa penyakit ini membuat penderitanya hidup di dunianya sendiri, tidak bisa berkomunikasi lagi secara normal dengan anak anak juga cucunya, sehingga membuat anggota keluarganya kerap menangis sedih. Jadi alangkah baiknya agar kita tidak menanggap remeh penyakit ini

Pada masa pandemi seperti saat ini keluarga terdekat ODD ( orang dengan demensia)  harus bisa menerima dengan ikhlas kalau keluarga mereka memang sudah tidak dapat berinteraksi lagi dengan normal yang harus dijalankan adalah

Inisiatif mencari informasi perawatan yang tepat untuk ODD di masa pandemi
Inisiatif mencari bantuan orang yang kompeten (mengenai gejala Covid 19 pada ODD
Membagikan kisah ke komunitas Caregivers
Membagi tugas dengan Caregivers lainnya (keluarga)

Memberikan cinta dan kasih sayang kepada keluarga yang menderita Demensia Alzheimer adalah kunci penting dalam merawat pasien agar pasien merasa aman dan nyaman hidup bersama keluarga yang mencintainya. Sekali lagi jangan pernah anggap pikun adalah hal yang biasa terjadi, mari kita deteksi secara dini lalu obati, agar di masa tua kita masih bisa produktif dan mandiri sehingga bisa hidup dengan bahagia dengan anak cucu.

Komitmen PT Eisai

PT Eisai Indonesia (PTEI) berkomitmen untuk memberikan pengetahuan tentang penyakit Demensia Alzheimer, karena penyakit ini dapat dideteksi sejak dini sehingga bisa secepatnya melakukan penanganan. Dalam rangka merayakan 50 tahun PT Eisai Indonesia (PTEI), dengan bangga mendukung PERDOSSI melaksanakan program kampanye edukatif #ObatiPikun dan mengembangkan Aplikasi E-Memory Screening (EMS),

President Director PT Eisai Indonesia (PTEI), dr. Iskandar Linardi, mengatakan, “PT Eisai Indonesia (PTEI) memiliki filosofi human health care (hhc) dan telah berkontribusi dalam kesehatan masyarakat di Indonesia selama 50 tahun.

22 Replies to “Pentingnya Deteksi Dini Demensia Alzheimer Agar Masa Tua Produktif Dan Bahagia”

  1. Wah kaya nya saya sudah masuk ciri2 pikun nii…sering lupa nama2 temen dan susah utk inget2 jalan yg pernah kami lalui..thanks artikel nya nambah ilmu.

  2. Kalau pikun soal bayar utang bukan termasuk sindrom demensia kan . Bahaya juga sih kalau orangtua sampai kena Alzheimer karena susah berkonsentrasi dan berkomunikasi dengan orang rumah. Kudu sabar banget nih ODD nya.

  3. belakangan aku lagi sering lupa sebut nama anak. kadang suka ketuker2 gitu. hahaha. lieur jadinya. aku tuh pernah lihat di film 50 first date, itu jg si cewek kayaknya kena Alzheimer. abis dia tidur, pas bangun udah lupa semuanya. ngeri juga yaa

  4. Aku sangat bisa mengingat sesuatu dengan sangat detil, tapi bisa mudah sekali melupakan urusan printilan seperti lupa tadi meletakkan kertas di mana, kacamata di mana, jarum pentul, ahhh suka bikin gemes. Tapi InsyaAllah itu masih di tahap pelupa aja, ya.

    Aku penasaran deh karena ada satu orang kukenal baik yang saat ini sangat bisa berkomunikasi dengan keluarga, tapi ada satu masalah di masa lalu yang semua orang tahu itu pernah dilakukannya, tapi dia bilang tidak pernah. Agak khawatir juga apakah ada gangguan ingatan juga atau sebatas berusaha melupakan kejadian tersebut.

    Oya, EMS ini dari satu ponsel, bisa digunakan untuk lebih dari orang nggak sih, Kak?

  5. Woah! I’m really enjoying the template/theme of this site. It’s simple, yet effective.
    A lot of times it’s tough to get that “perfect balance” between usability and visual
    appeal. I must say that you’ve done a superb job with this.

    Additionally, the blog loads very fast for me on Internet explorer.
    Outstanding Blog!

  6. Hello there! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out and
    tell you I truly enjoy reading your articles.
    Can you suggest any other blogs/websites/forums that go over the same topics?
    Thanks a ton!

  7. Today, I went to the beach with my kids. I found a sea shell and gave it
    to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.”
    She put the shell to her ear and screamed. There
    was a hermit crab inside and it pinched her ear. She never wants to go
    back! LoL I know this is entirely off topic but I had to tell someone!

  8. Magnificent beat ! I would like to apprentice at the same time as you amend your
    site, how can i subscribe for a weblog web site?
    The account helped me a applicable deal. I had been tiny bit familiar
    of this your broadcast offered vivid clear idea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *