Menjadi Ibu Tangguh dan Bahagia di Masa Pandemi Bersama MY BABY

Menjadi Ibu Tangguh dan Bahagia di Masa Pandemi Bersama MY BABY

Spread the love

Menjadi Ibu Tangguh dan Bahagia di Masa Pandemi Bersama My BABY

Ibu merupakan sosok seorang wanita yang tangguh berjuang demi sebuah kebahagiaan anaknya, saat saya kecil saya selalu melihat ibu saya seperti sosok wanita yang tidak pernah lelah melakukan pekerjaan apapun. Sebagai anak mungkin kita melihatnya baik-baik saja. Namun sebenarnya tantangan seorang ibu sangatlah berat. Perlu kekuatan yang besar untuk menjadi seorang ibu.

Banyak hal yang harus dikerjakan ibu setiap hari. Mulai dari membereskan pekerjaan kantor, hingga mengurus anak dan rumah tangga. terkadang kita dituntut untuk menjadi pribadi yang multitasking, apalagi di tengah kondisi pandemi yang membuat kita banyak beraktivitas di rumah.

Perlu kekuatan yang besar untuk menjadi seorang ibu. Baik kekuatan fisik yang harus tetap prima, psikis dan harus memiliki kedewasaan berfikir dan yang terpenting adalah hati. Berkat hati yang besar inilah seorang anak mampu tumbuh dan berkembang di dunia ini.

Di masa pandemik COVID-19 ini, banyak hal mengalami perubahan, seorang ibu mempunyai tantangan yang lebih besar lagi karena ibu harus melakukan multi peran sebagai garda terdepan untuk menjaga kesehatan keluarga,sebagai mentri keuangan karena harus pintar mengalokasikan keuangan dengan baik, dan sebagai guru untuk menemani pembelajaran anak yang dilakukan online.

Multiperan yang ibu jalankan selama pandemi bukanlah hal yang mudah. Hal ini mengakibatkan banyak ibu mengalami stres dan kecemasan yang terus meningkat. ketidakpastian yang masih menghantui, seperti kapan pandemi berakhir? kapan sekolah kembali dibuka? bagaimana situasi ekonomi ke depan? Semua hal terasa tidak pasti.

Semua keluh kesah dan kecemasan yang menghantui pikiran saya dan ibu ibu lainnya banyak tercerahkan di acara konferensi pers virtual MY BABY Momversity 2021 yang berlangsung secara virtual zoom pada hari Selasa 30 Maret 2021.

Menghadirkan para nara sumber yang ahli dibidangnya seperti
Tiara Puspita, M. Psi seorang Psychologist
Alvin Hartanto seorang Nutrisionis
Prita Ghozie seorang Financial Planner
Kimberly Ryder seorang Public Figure dan Ibu Muda

Mengusung spirit “Share, Learn, Play” #MYBABYMomversity yang terus digelar selalu menghadirkan kelas inspiratif yang menitikberatkan tentang parenting, finansial, dan kesehatan.

Selva Marsentiani, Senior Head of Brand Communications & Content MY BABY menyebutkan bahwa melalui acara Momversity yang kembali hadir di tahun ini nantinya diharapkan mampu membuat para Mama terbekali informasi agar lebih tangguh dan dapat mengurangi kecemasan, sehingga anak-anak dapat menjadikan sang Mama sebagai model contoh yang selalu bahagia sekaligus tangguh.

#MyBABYMomversity hadir sejak tahun 2019 dengan latar belakang untuk menginisiasi para ibu yang menghadapi kegalauan tentang pola asuh, bagaimana menjadi ibu sempurna, My Baby menghadirkan kelas inspiratif untuk mengedukasi.

Di masa pandemi seperti sekarang ini ibu pasti merasa lelah dan dan marah oleh karena itu ibu harus dapat mengelola emosinya dengan baik agar suasana rumah menjadi kondusif.

Hal ini yang disampaikan Tiara Puspita, M. Psi seorang Psikologi yang mengatakan bahwa selama.masa pandemi ini banyak masalah yang dihadapi para ibu sehingga beban lebih berat dibandingkan sebelum pandemi.

Ada beberapa cara agar ibu bisa terus bahagia dan tangguh dalam menjalani rutinitas sehari hari yang harus di lakukan.

Melakukan Self Care atau Me time

Self Care atau memanjakan diri sendiri sangatlah penting seorang ibu lakukan agar bisa terhindar dari stress bisa lebih rileks dan dapat fokus untuk menyelesaikan segala pekerjaan yang ada.

Dengan Self Care kita dapat perduli pada kondisi emosional yang baik sehingga dapat membantu ibu untuk mencapai sebuah kebahagiaan serta kesehatan yang baik untuk dirinya dan keluarga.

Ciptakan Keharmonisan keluarga dengan support system.

Banyak hal yang dapat dilakukan agar tercipta keharmonisan diantaranya adalah sering berkomunikasi dengan pasangan dan anak anak dengan bahasa yang positif dan baik juga saling berhubungan dengan kasih sayang akan memberikan perasaan aman dan dicintai.

Di kesempatan yang sama Kimberly Ryder selaku artis dan mom influencer yang hadir bercerita penting sekali adanya support system dalam membantu seorang ibu untuk mencapai kebahagiaan dan lebih tangguh menjalani perannya.

Dengan dukungan orang terdekat ibu akan mampu menghadapi rasa cemas yang dirasakan dan dapat menerima keadaan dengan baik dan menjalaninya dengan mudah

Melatih diri untuk menerima situasi apapun.

Sebagai ibu kita pasti ingin menjadi ibu yang sempurna dalam segala hal tapi tahu gak sih kalau berpikir seperti itu malah bisa bikin stres saat yang yang kita lakukan tidak berjalan dengan baik seperti yang diharapkan.

Sebagai ibu kita harus tahu ada beberapa hal yang tidak bisa dikendalikan dan kita harus memahami itu hal ini akan bisa mengontrol energi dengan baik dan optimal. Dengan menerima kelebihan dan kekurangan kita sebagai ibu.

Menjaga Kesehatan seluruh keluarga

Ibu harus sebagai garda terdepan untuk menjaga kesehatan keluarganya dengan selalu menyediakan asupan nutrisi dengan memberikan makanan yang sehat.

Alvin Hartanto nutritionist menjelaskan dalam kesempatan yang sama bahwa, “Nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik bisa didapatkan dari bahan makanan sederhana yang diolah dengan cara dan takaran yang tepat jadi makanan sehat tidak perlu mahal.

Makanan yang sehat banyak mengandung serat seperti sayur dan buah buahan harus tersedia dalam penyajian makan juga jangan lupa protein dan karbohidratnya.

Saat sarapan pagi Alvin memberi contoh untuk makanannya misal
Roti Gandum, atau Sereal ada buah misal pepaya potong atau pisang untuk proteinnya bisa ditambahkan susu, telur omelete atau susu kacang.

Makan Siang Nasi, Daging atau ayam dan tumis sayuran

Untuk menjaga kesehatan keluarga pola makan yang baik dan sehat harus diterapkan agar daya tahan tubuh selalu terjaga.

Mengelola keuangan dengan baik

Masalah yang membuat para ibu stress selama pandemi ini adalah masalah keuangan, dalam keluarga posisi ibu juga sebagai mentri keuangan yang mengelola keuangan keluarga.

Financial Planner Prita Ghozie menyebutkan bahwa selama pandemi ini banyak para ibu yang memanfaatkan kemampuan mereka untuk mencari penghasilan lain demi membantu keuangan keluarga yang menurun selama pandemi ini

Para ibu memanfaatkan media sosial yang mereka miliki untuk berjualan hasil masakan ataupun kue kue yang mereka buat sendiri. Yang pertama kita lakukan adalah perencanaan keuangan yang baik secara bijak bagaimana kita harus mempunyai skala prioritas dalam pengeluaran yang terbagi dalam 3 kategori

Wajib misalnya pembayaran cicilan, pembayaran spp sekolah anak

Butuh misalnya pembayaran internet yang selama pandemi ini benar benar kita butuhkan karena semuanya dilakukan melalui online, kebutuhan akan gadget.

Ingin misalnya kebutuhan akan self care
Setelah semua sudah di masukkan kategori bila ada dana sisa bisa dimasukkan untuk dana darurat.

Menjadi ibu tangguh selama masa pandemi ini memang tidaklah mudah tapi kita tidak perlu mencemaskan hal tersebut kiat kiat yang diberikan selama acara #MomBabyMomversity sangat bermanfaat agar para ibu bisa tetap bahagia dan tangguh menjalani peran selama masa pandemi semangat terus untuk para ibu.

 

19 Replies to “Menjadi Ibu Tangguh dan Bahagia di Masa Pandemi Bersama MY BABY”

  1. Masalah penerimaan ini kadang-kadang membutuhkan proses ya, Mbak. Tetapi, memang penting untuk bisa mengontrol emosi. Apalagi di saat pandemi seperti saat ini.

  2. Seneng banget ya mom sekarang sudah tersedia kanal momversity, jadi bisa bantu mom yang baru memiliki baby, apalagi banyak tersedia kanal-kanal informasi yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak serta buat mom juga.

  3. My Baby ini merek produk bayi kesukaan ibu dan anak ya Mbak,, saya masih pakai minyak telon My Baby sampai sekarang, padaha anaknya udah gede, hehe…. Btw webinar Momversity nya berfaedah banget yaa

  4. Jadi inget waktu kecil suka banget sama produk My Baby karena kemasannya yang gemesin, dan ternyata produknya sampe sekarang tetep eksis. Ohiya ini acaranya keren banget ya mbak, ada Kimberly Ryder dan Prita Ghozie favoritku banget nih

  5. Wah, salah satu produk yang aku pilih nih MY BABY ini. Aku suka dengan lengkap produknya buat anak-anak. Udah gitu aman, wangi, dan harganya yang terjangkau. Duh jadi kangen masa anak-anak bayi lagi deh lihat MY BABY ini. 😀

  6. Bener mb, suka salut dengan para ibu tangguh yang bisa multitasking gini. Mengurus keluarga plus kadang membantu mencari pemasukan tambahan. Tidak heran ibu-ibu jadi gampang stress. Adanya momversity ini akan membantu ibu-ibu membekali diri dengan ilmu yang bermanfaat untuk pengembangan diri.

  7. ih maauuuuu itu my baby 😀 mba Yanti kan udh ga ada baby lagi hehe.. :p
    harusnya aku ikut nih biar ngerti isi permasalahan perbabyan

  8. Jadi ibu emang perlu super setrong, hehe banyak yg bisa bikin stres di rumah. Bagus tips2nya biar ibu tetap bahagia, rumah damai aman sentosa.
    Byk edukasi yg diperoleh dari Momversity ini ya…

  9. Aku juga sejak awal pemilihan Momversity selalu hadir di webinarnya Mba, sangat bermanfaat ilmunya. Meski belum beruntung menjadi bagian dari mereka, tetap pantau terus IG nya dan juga selalu pakai produk Mybaby

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *