Mari Kita Cegah Nyeri Tulang belakang

Mari Kita Cegah Nyeri Tulang belakang

Spread the love

Pada masa sekarang ini seiring dengan bertambahnya umur dan mempunyai banyak kesibukan, banyak orang dewasa jadi kehilangan waktu dalam beraktivitas fisik. Sangat disayangkan ya moms, karena kalau kita tidak sungguh sungguh meluangkan waktu untuk bergerak secara aktif, kita mungkin akan tetap menjalani hari-hari kita dengan pasif.Apalagi jika kita bekerja seharian di kantor.

Padahal, tubuh manusia harus terus digerakkan agar bisa berfungsi dengan normal. Seperti halnya makan, aktivitas fisik adalah salah satu kebutuhan hidup yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Aktivitas fisik merupakan kegiatan dalam waktu tertentu yang banyak membutuhkan energi dan pergerakan otot-otot kerangka. Jangan keliru dengan olahraga, yang berarti gerakan badan yang bersifat terstruktur dengan tujuan yang spesifik, biasanya untuk melatih anggota tubuh tertentu.

Namun, beraktivitas fisik memang mempunyai pengertian yang sangat luas. Mulai dari kegiatan sehari-hari seperti jalan kaki dan menjemur pakaian hingga olahraga seperti latihan kebugaran, berenang, atau aktivitas yang sifatnya hiburan seperti menari.

Beraktivitas dengan berlebihan kadang mengakibatkan nyeri tulang belakang moms ini yang saya rasakan saat berolahraga saya tidak melakukan pemanasan yang cukup sehingga tulang belakang saya kok terasa sakit duh bagaimana ya cara pengobatan dan pencegahannya agar kita terhindar dari nyeri tulang belakang.

Pas banget saya mendapatkan undangan Blogger dan Vlogger Gathering di Rs Premier dengan nara sumber yang ahli di bidang syaraf dr Wismaji Sadewo, Sp. BS dengan tema yang bagus sekali “Nyeri Tulang Belakang” hari Minggu tanggal 29 Desember 2019 Event yang sangat bermanfaat sekali untuk menutup hari saya di akhir tahun.

Rasa nyeri yang dirasakan pada tulang belakang bisa sangat mengganggu aktivitas kita loh moms. Karena itu, penting sekali untuk mengetahui penyebab sekaligus cara mengatasi sakit tulang belakang yang dialami.

Penyebab nyeri pada tulang belakang ada beberapa penyebabnya diantaranya adalah

Duduk terlalu lama saat berkendara, saat menyetir mobil posisi duduk kita otomatis kaku apalagi untuk perjalanan jauh sebaiknya berhenti untuk beristirahat demi meregangkan otot yang kaku.

Duduk terlalu lama di depan komputer juga bisa mengakibatkan nyeri tulang belakang.

Memakai sepatu High Heels, setiap wanita pasti ingin terlihat sexi dan biasanya para wanita menggunakan sepatu atau sendal hak tinggi untuk terlihat sexi ternyata ini merupakan pemicu nyeri tulang belakang.

Berolahraga tanpa melakukan pemanasan yang cukup juga bisa menjadi penyebab nyeri tulang belakang

Melakukan gerakan yang tiba tiba seperti mengangkat beban berat seperti mengangkat galon air juga bisa menjadi penyebab nyeri tulang belakang.

Gejala sakit tulang belakang bawah biasanya kita rasakan dengan rasa nyeri, kebas, mati rasa atau kesemutan, rasa yang menjalar pada satu kaki, nyeri sendi atau terasa kaku ketika berjalan pada pagi hari, dan lain-lain. Rasa sakitnya membuat tidak nyaman, bahkan dapat mengganggu aktivitas kita sehari harinya.

Ada beberapa kasus sakit yang bisa hilang sendiri dengan obat gosok atau mungkin terapi pijat otot tapi ini jika masalahnya hanya di otot ya moms tapi jika sakitnya sudah masuk skala 4 sebaiknya cepat diperiksakan ke dokter.

Ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati ini bener banget ya moms nah bagaimana sih pencegahan agar kita terhindar dari penyakit nyeri tulang belakang sebenarnya sih mudah sekali kita harus memelihara tulang belakang kita agar selalu sehat, moms sebaiknya memperhatikan hal hal dibawah ini.

  • Luangkan waktu agar kita bisa rutin untuk berolahraga supaya bisa kuat otot-otot yang kita miliki, terutama otot yang mengikat tulang belakang. Dengan begitu, tulang belakang tidak terlalu berat dalam menahan beban.
  • Memastikan mengkonsumsi makanan dengan rutin setiap hari yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang. Nutrisi yang baik sangat diperlukan dalam memperkuat otot dan tulang, terutama kalsium dan vitamin D.
  • Hindari stress dan merokok karena nikotin dalam rokok berpotensi merusak struktur tulang.
  • Selalu berhati hati dalam memposisikan tubuh ketika berdiri, duduk, maupun tiduran. Memastikan tulang belakang kita selalu dalam posisi tegak. Seandainya kita pas tidak sadar posisi tubuh membuat tulang belakang terasa pegal, itu menjadi alarm bahwa harus mengubah posisi tubuh yang aman.
  • Hati-hati ketika mengangkat barang yang berat jangan bergerak dalam posisi yang tiba tiba karena bisa berbahaya untuk tulang belakang.

Pengobatan yang dilakukan saat kita terkena nyeri tulang belakang biasanya dokter memberikan obat seperti Paint Kliler seperti codein dan untuk kasus yang berat akan diberikan terapi dan berenang merupakan salah satu terapi yang bagus untuk nyeri tulang belakang.

Ok Moms semoga kita terhindar ya dari segala macam penyakit dan jika sudah terkena penyakit nyeri tulang belakang bisa loh datang ke Rs Premier Jatinegara yang merupakan sebuah rumah sakit swasta yang menjadi rujukan pelayanan kesehatan bagi dokter dan masyarakat dengan tenaga dokter yang profesional di bidangnya. Pelayanan yang bagus dengan fasilitas yang lengkap memberikan kesembuhandengan penyakit yang kita derita.

Rs Premier Jatinegara dengan pelayanan yang bagus dan staf yang ramah juga berkomitmen terhadap mutu dan sangat mudahnya akses ke rs ini, ditunjang kualitas pelayanan, kelengkapan spesialistik juga alat penunjang medis semuanya ada di Rs Premier Jatinegara jadi jangan ragu untuk periksa di rumah sakit ini.

16 Replies to “Mari Kita Cegah Nyeri Tulang belakang”

  1. Bermanfaat banget tulisannya mbak, jadi belajar banyak mengenai penyakit tulang belakang. Suamiku juga cek syaraf kejepit di Rs Premier Jatinegara dengan pelayanan yang bagus dan staf yang ramah juga berkomitmen terhadap mutu.

  2. Selalu menjaga kesehatan tulang belakang agar tidak timbul rasa nyeri. Karena hidup ini indah, maka indah kan pula gaya hidup yang baik yang salah satunya membuat tulang belakang tetap sehat

  3. Nice post mbak.. Perkara nyeri tulang belakang terkadang masih banyak yg mengabaikan. Padahal keliru ya.. Dan selalu memberikan periode istirahat pada saat tubuh mulai lelah salah satu cara mencegah nyeri yg berkelanjutan

  4. Wah ternyata banyak penyebab nyeri tulang belakang yaa mom
    Akupun sering mengalami saat kelamasn duduk Naik motor hihi ngga enak banget. Intinya mmg harus diselenggarakan dengan bergerak. Atau jgn terlalu sering angkat barang berat.

  5. Aku sekarang milih sepatu sport, awalnya karena ngelungsuri sepatu2 nya Osama, dia kan atlet sepatunya ganti tiap 3-4 bln sekali. Ternyata enak banget di kaki. Hahahaha. Dan sepatu yg enak ngaruh banget ke badan termasuk punggung

  6. Aku udah stop pake high heels mba sejak ketemu wedges lebih nyaman itu tapi sekarang lebih suka sneaker dan rasanya sakit punggung beuh ga nyaman banget 🙁 aku termasuk yang duduk lama depan leptop soalnya

  7. Aku nih akhir-akhir sering ngeresa sakit di tulang belakang 🙁 ternyata ga boleh dianggap sepele ya mbak Btw, RS Premier Jatinegara bagus ya mbak, apakah masih satu grup dengan RS Premier Surabaya?

  8. ku yang udah lewat kepala 4 kudu ati-ati jangan sampesakit tulang belakang…nsalah satu cara mencegahnya tuh kalo duduk ngetik di lapop 30 menit.. aku berdiri dan jalan-jalan sebentar baru duduk lagi

  9. Banyak juga ya penyebab nyeri tulang belakang. Sebagai buibu rumahan kayanya udah mulai Perlu Olahraga biar sehat. Apalagi pekerjaan domestik gk beres2

  10. Ternyata menggunakan sepatu high heelsnya juga rentan menimbulkan nyeri pada tulang belakang ya Mbak. Eh tapi saya sih jarang pake high heels cuma sering merasa nyeri tulang belakang ini kalau sudah kelamaan duduk gitu

Leave a Reply to ปั้มไลค์ Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *