Mari Kita Cegah Nyeri Tulang belakang

Mari Kita Cegah Nyeri Tulang belakang

Spread the love

Pada masa sekarang ini seiring dengan bertambahnya umur dan mempunyai banyak kesibukan, banyak orang dewasa jadi kehilangan waktu dalam beraktivitas fisik. Sangat disayangkan ya moms, karena kalau kita tidak sungguh sungguh meluangkan waktu untuk bergerak secara aktif, kita mungkin akan tetap menjalani hari-hari kita dengan pasif.Apalagi jika kita bekerja seharian di kantor.

Padahal, tubuh manusia harus terus digerakkan agar bisa berfungsi dengan normal. Seperti halnya makan, aktivitas fisik adalah salah satu kebutuhan hidup yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Aktivitas fisik merupakan kegiatan dalam waktu tertentu yang banyak membutuhkan energi dan pergerakan otot-otot kerangka. Jangan keliru dengan olahraga, yang berarti gerakan badan yang bersifat terstruktur dengan tujuan yang spesifik, biasanya untuk melatih anggota tubuh tertentu.

Namun, beraktivitas fisik memang mempunyai pengertian yang sangat luas. Mulai dari kegiatan sehari-hari seperti jalan kaki dan menjemur pakaian hingga olahraga seperti latihan kebugaran, berenang, atau aktivitas yang sifatnya hiburan seperti menari.

Beraktivitas dengan berlebihan kadang mengakibatkan nyeri tulang belakang moms ini yang saya rasakan saat berolahraga saya tidak melakukan pemanasan yang cukup sehingga tulang belakang saya kok terasa sakit duh bagaimana ya cara pengobatan dan pencegahannya agar kita terhindar dari nyeri tulang belakang.

Pas banget saya mendapatkan undangan Blogger dan Vlogger Gathering di Rs Premier dengan nara sumber yang ahli di bidang syaraf dr Wismaji Sadewo, Sp. BS dengan tema yang bagus sekali “Nyeri Tulang Belakang” hari Minggu tanggal 29 Desember 2019 Event yang sangat bermanfaat sekali untuk menutup hari saya di akhir tahun.

Rasa nyeri yang dirasakan pada tulang belakang bisa sangat mengganggu aktivitas kita loh moms. Karena itu, penting sekali untuk mengetahui penyebab sekaligus cara mengatasi sakit tulang belakang yang dialami.

Penyebab nyeri pada tulang belakang ada beberapa penyebabnya diantaranya adalah

Duduk terlalu lama saat berkendara, saat menyetir mobil posisi duduk kita otomatis kaku apalagi untuk perjalanan jauh sebaiknya berhenti untuk beristirahat demi meregangkan otot yang kaku.

Duduk terlalu lama di depan komputer juga bisa mengakibatkan nyeri tulang belakang.

Memakai sepatu High Heels, setiap wanita pasti ingin terlihat sexi dan biasanya para wanita menggunakan sepatu atau sendal hak tinggi untuk terlihat sexi ternyata ini merupakan pemicu nyeri tulang belakang.

Berolahraga tanpa melakukan pemanasan yang cukup juga bisa menjadi penyebab nyeri tulang belakang

Melakukan gerakan yang tiba tiba seperti mengangkat beban berat seperti mengangkat galon air juga bisa menjadi penyebab nyeri tulang belakang.

Gejala sakit tulang belakang bawah biasanya kita rasakan dengan rasa nyeri, kebas, mati rasa atau kesemutan, rasa yang menjalar pada satu kaki, nyeri sendi atau terasa kaku ketika berjalan pada pagi hari, dan lain-lain. Rasa sakitnya membuat tidak nyaman, bahkan dapat mengganggu aktivitas kita sehari harinya.

Ada beberapa kasus sakit yang bisa hilang sendiri dengan obat gosok atau mungkin terapi pijat otot tapi ini jika masalahnya hanya di otot ya moms tapi jika sakitnya sudah masuk skala 4 sebaiknya cepat diperiksakan ke dokter.

Ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati ini bener banget ya moms nah bagaimana sih pencegahan agar kita terhindar dari penyakit nyeri tulang belakang sebenarnya sih mudah sekali kita harus memelihara tulang belakang kita agar selalu sehat, moms sebaiknya memperhatikan hal hal dibawah ini.

  • Luangkan waktu agar kita bisa rutin untuk berolahraga supaya bisa kuat otot-otot yang kita miliki, terutama otot yang mengikat tulang belakang. Dengan begitu, tulang belakang tidak terlalu berat dalam menahan beban.
  • Memastikan mengkonsumsi makanan dengan rutin setiap hari yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang. Nutrisi yang baik sangat diperlukan dalam memperkuat otot dan tulang, terutama kalsium dan vitamin D.
  • Hindari stress dan merokok karena nikotin dalam rokok berpotensi merusak struktur tulang.
  • Selalu berhati hati dalam memposisikan tubuh ketika berdiri, duduk, maupun tiduran. Memastikan tulang belakang kita selalu dalam posisi tegak. Seandainya kita pas tidak sadar posisi tubuh membuat tulang belakang terasa pegal, itu menjadi alarm bahwa harus mengubah posisi tubuh yang aman.
  • Hati-hati ketika mengangkat barang yang berat jangan bergerak dalam posisi yang tiba tiba karena bisa berbahaya untuk tulang belakang.

Pengobatan yang dilakukan saat kita terkena nyeri tulang belakang biasanya dokter memberikan obat seperti Paint Kliler seperti codein dan untuk kasus yang berat akan diberikan terapi dan berenang merupakan salah satu terapi yang bagus untuk nyeri tulang belakang.

Ok Moms semoga kita terhindar ya dari segala macam penyakit dan jika sudah terkena penyakit nyeri tulang belakang bisa loh datang ke Rs Premier Jatinegara yang merupakan sebuah rumah sakit swasta yang menjadi rujukan pelayanan kesehatan bagi dokter dan masyarakat dengan tenaga dokter yang profesional di bidangnya. Pelayanan yang bagus dengan fasilitas yang lengkap memberikan kesembuhandengan penyakit yang kita derita.

Rs Premier Jatinegara dengan pelayanan yang bagus dan staf yang ramah juga berkomitmen terhadap mutu dan sangat mudahnya akses ke rs ini, ditunjang kualitas pelayanan, kelengkapan spesialistik juga alat penunjang medis semuanya ada di Rs Premier Jatinegara jadi jangan ragu untuk periksa di rumah sakit ini.

68 Replies to “Mari Kita Cegah Nyeri Tulang belakang”

  1. Bermanfaat banget tulisannya mbak, jadi belajar banyak mengenai penyakit tulang belakang. Suamiku juga cek syaraf kejepit di Rs Premier Jatinegara dengan pelayanan yang bagus dan staf yang ramah juga berkomitmen terhadap mutu.

  2. Selalu menjaga kesehatan tulang belakang agar tidak timbul rasa nyeri. Karena hidup ini indah, maka indah kan pula gaya hidup yang baik yang salah satunya membuat tulang belakang tetap sehat

  3. Nice post mbak.. Perkara nyeri tulang belakang terkadang masih banyak yg mengabaikan. Padahal keliru ya.. Dan selalu memberikan periode istirahat pada saat tubuh mulai lelah salah satu cara mencegah nyeri yg berkelanjutan

  4. Wah ternyata banyak penyebab nyeri tulang belakang yaa mom
    Akupun sering mengalami saat kelamasn duduk Naik motor hihi ngga enak banget. Intinya mmg harus diselenggarakan dengan bergerak. Atau jgn terlalu sering angkat barang berat.

  5. Aku sekarang milih sepatu sport, awalnya karena ngelungsuri sepatu2 nya Osama, dia kan atlet sepatunya ganti tiap 3-4 bln sekali. Ternyata enak banget di kaki. Hahahaha. Dan sepatu yg enak ngaruh banget ke badan termasuk punggung

  6. Aku udah stop pake high heels mba sejak ketemu wedges lebih nyaman itu tapi sekarang lebih suka sneaker dan rasanya sakit punggung beuh ga nyaman banget 🙁 aku termasuk yang duduk lama depan leptop soalnya

  7. Aku nih akhir-akhir sering ngeresa sakit di tulang belakang 🙁 ternyata ga boleh dianggap sepele ya mbak Btw, RS Premier Jatinegara bagus ya mbak, apakah masih satu grup dengan RS Premier Surabaya?

  8. ku yang udah lewat kepala 4 kudu ati-ati jangan sampesakit tulang belakang…nsalah satu cara mencegahnya tuh kalo duduk ngetik di lapop 30 menit.. aku berdiri dan jalan-jalan sebentar baru duduk lagi

  9. Banyak juga ya penyebab nyeri tulang belakang. Sebagai buibu rumahan kayanya udah mulai Perlu Olahraga biar sehat. Apalagi pekerjaan domestik gk beres2

  10. Ternyata menggunakan sepatu high heelsnya juga rentan menimbulkan nyeri pada tulang belakang ya Mbak. Eh tapi saya sih jarang pake high heels cuma sering merasa nyeri tulang belakang ini kalau sudah kelamaan duduk gitu

  11. I simply want to mention I’m all new to blogging and site-building and seriously loved you’re web site. Very likely I’m planning to bookmark your blog post . You surely come with good article content. Appreciate it for revealing your web page.

  12. I’ve observed that in the world nowadays, video games are the latest fad with kids of all ages. There are occassions when it may be out of the question to drag your kids away from the activities. If you want the very best of both worlds, there are many educational activities for kids. Good post.

  13. Aw, this was an incredibly nice post. Taking a few minutes and actual effort to generate a superb article… but what can I say… I put things off a whole lot and never manage to get nearly anything done.

  14. I’m extremely pleased to find this great site. I want to to thank you for your time for this wonderful read!! I definitely appreciated every little bit of it and i also have you bookmarked to check out new things in your website.

  15. Hello there! This blog post couldn’t be written any better! Going through this article reminds me of my previous roommate! He continually kept talking about this. I will send this article to him. Pretty sure he will have a very good read. Thanks for sharing!

  16. I have observed that in the world of today, video games will be the latest phenomenon with kids of all ages. There are occassions when it may be difficult to drag the kids away from the games. If you want the best of both worlds, there are various educational games for kids. Great post.

  17. Hello, I do believe your website could possibly be having internet browser compatibility problems. When I take a look at your website in Safari, it looks fine however, when opening in I.E., it’s got some overlapping issues. I just wanted to provide you with a quick heads up! Other than that, excellent blog!

  18. Sapid Agency is a Search Engine Optimization company in New York City that provides SEO Services. Their proprietary SEO strategies help struggling websites and aspiring business owners to rank their websites higher in multiple search engines like Google , Yahoo and Bing. They provide local and gmb map ranking for businesses in NYC and many other local areas. Find more at https://www.sapidagency.com/ @ 145 E 57TH NEW YORK, NY 10022, USA, +1 971 341 5608 USA

  19. Howdy, I believe your site might be having web browser compatibility issues. Whenever I take a look at your web site in Safari, it looks fine however, when opening in Internet Explorer, it’s got some overlapping issues. I simply wanted to provide you with a quick heads up! Aside from that, wonderful blog!

  20. After going over a number of the articles on your site, I seriously appreciate your technique of writing a blog. I added it to my bookmark webpage list and will be checking back soon. Please visit my website as well and let me know what you think.

  21. Faytech North America is a touch screen Manufacturer of both monitors and pcs. They specialize in the design, development, manufacturing and marketing of Capacitive touch screen, Resistive touch screen, Industrial touch screen, IP65 touch screen, touchscreen monitors and integrated touchscreen PCs. Contact them at http://www.faytech.us, 121 Varick Street, New York, NY 10013, +1 646 205 3214.

  22. Hey! I’m at work browsing your blog from my new iphone!

    Just wanted to say I love reading your blog and look forward to
    all your posts! Keep up the superb work!

  23. I really hope to advise you that I am new to posting and thoroughly enjoyed your article. Probably I am going to save your blog post . You indeed have great article information. Be Thankful For it for sharing with us your main web webpage

  24. I blog quite often and I seriously appreciate your information. The article has truly peaked my interest. I will take a note of your site and keep checking for new information about once per week. I subscribed to your RSS feed as well.

  25. After I originally left a comment I seem to have clicked on the -Notify me when new comments are added- checkbox and from now on whenever a comment is added I receive 4 emails with the same comment. Is there an easy method you are able to remove me from that service? Thanks a lot.

  26. I just want to inform you that I am new to putting up a blog and thoroughly valued your work. More than likely I am probably to store your blog post . You undoubtedly have lovely article information. Appreciate it for sharing with us the best site webpage

  27. magnificent put up, very informative. I ponder why the opposite experts of this sector do not
    notice this. You must proceed your writing. I am sure,
    you’ve a huge readers’ base already!

  28. I just hope to advise you that I am new to writing and really admired your page. Quite possibly I am inclined to bookmark your blog post . You literally have amazing article blog posts. Like it for discussing with us your current web document

  29. Aw, this was an incredibly good post. Finding the time and actual effort to produce a good article… but what can I say… I put things off a whole lot and don’t seem to get anything done.

  30. Thanks for your content. One other thing is when you are marketing your property yourself, one of the challenges you need to be conscious of upfront is how to deal with property inspection reports. As a FSBO supplier, the key towards successfully switching your property as well as saving money on real estate agent commission rates is awareness. The more you know, the smoother your property sales effort are going to be. One area that this is particularly crucial is reports.

  31. I’ve observed that in the world the present moment, video games will be the latest popularity with kids of all ages. There are occassions when it may be not possible to drag the kids away from the video games. If you want the best of both worlds, there are several educational activities for kids. Great post.

  32. Faytech North America is a touch screen Manufacturer of both monitors and pcs. They specialize in the design, development, manufacturing and marketing of Capacitive touch screen, Resistive touch screen, Industrial touch screen, IP65 touch screen, touchscreen monitors and integrated touchscreen PCs. Contact them at http://www.faytech.us, 121 Varick Street, New York, NY 10013, +1 646 205 3214.

  33. Sapid Agency is a Search Engine Optimization company in New York City that provides SEO Services. Their proprietary SEO strategies help struggling websites and aspiring business owners to rank their websites higher in multiple search engines like Google , Yahoo and Bing. They provide local and gmb map ranking for businesses in NYC and many other local areas. Find more at https://www.sapidagency.com/ @ 145 E 57TH NEW YORK, NY 10022, USA, +1 971 341 5608 USA

  34. I simply desire to share it with you that I am new to wordpress blogging and totally admired your report. More than likely I am inclined to store your blog post . You truly have lovely article content. Value it for sharing with us your current internet site webpage

  35. After I initially commented I seem to have clicked the -Notify me when new comments are added- checkbox and from now on whenever a comment is added I receive four emails with the same comment. Is there a means you are able to remove me from that service? Appreciate it.

  36. The very next time I read a blog, I hope that it won’t disappoint me as much as this particular one. I mean, Yes, it was my choice to read through, however I actually thought you would probably have something helpful to talk about. All I hear is a bunch of complaining about something you can fix if you weren’t too busy seeking attention.

  37. It’s perfect time to make some plans for the future and it’s time to be happy. I’ve read this post and if I could I wish to suggest you some interesting things or advice. Perhaps you can write next articles referring to this article. I wish to read even more things about it!|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *