Kenali Penyakit Parkinson Sejak Dini

Kenali Penyakit Parkinson Sejak Dini

Pada masa muda, banyak orang yang tidak terlalu memikirkan tentang kesehatan terutama tentang bagaimana menghadapi masa tua dengan sehat.dan Seiring bertambahnya usia, sering kali banyak orang menyesali dan berharap mereka dapat lebih memperhatikan kesehatannya.

Meski tak banyak memikirkan tentang kesehatan, semestinya kita harus secara bijaksana memperhatikan kebiasaan makan dan olahraga sebagai modal menghadapi fase penuaan dengan sehat.

Faktanya, semakin tua usia kita semakin besar risiko untuk terkena penyakit. Hal ini karena penyakit dan usia saling berhubungan. Semakin usia bertambah, fungsi tubuh semakin menurun akibat proses penuaan. Yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, sehingga pada usia tua lebih rentan mengalami penyakit menular maupun tidak menular maupun penyakit yang hadir dalam masa fase penuaan yang sering dikenal dengan penyakit degeneratif.

Salah satu penyakit degeneratif yang belum disadari banyak orang adalah penyakit parkinson.saya tidak terlalu banyak tahu tentang penyakit ini hanya pernah mendengar kalau penyakit parkinson orangnya suka gemetar saat waktu tertentu.

Informasi lengkap tentang penyakit Parkinson saya dapatkan saat berkesempatan hadir di acara Vlogger & Blogger Gathering yang diadakan oleh Rumah Sakit Premier Jatinegara Jakarta Timur. Acara diadakan pada hari Kamis 7 November 2019, selain Blogger dan Vlogger turut hadir para pejabat RS Premier, pada acara ini untuk menambah tentang informasi Parkinson diselenggarakan seminar tentang Parkinson yang dibawakan oleh dr Sukono Djojoatmodjo, seorang Ahli syaraf.

Acara pertama sambutan dari Marketing Manager Dr Kencana Widya yang banyak memberikan informasi bagaimana keunggulan Rs Premier Jatinegara dengan lokasi yang strategis, tempat yang nyaman, stafnya yang ramah dan cekatan juga para dokter handal yang melayani para pasien yang sakit hingga mencapai kesembuhan mereka.

Informasi yang lengkap tentang Parkinson diberikan dokter Sukono Djojoatmodjo Sp.S bagaimana parkinson adalah penyakit yang jarang terdeteksi karena para penderitanya cenderung jarang mengetahui kalau mereka menderita penyakit tersebut.

Penderita penyakit parkinson semakin bertambah di Indonesia. Di perkirakan akan terus meningkat pada masa yang akan datang. Menurut data BPS 2015 jika jumlah lansia di Indonesia sebanyak 20 juta, maka ada sekitar 200.000 orang diantaranya menderita parkinson, atau 547 orang setiap harinya.

Satu hal yang perlu diketahui tentang penyakit parkinson adalah tentang penyebab munculnya penyakit ini belum pernah diketahui secara pasti, namun beberapa faktor berperan dalam terjadi kerusakan saraf, salah satunya adalah faktor genetik dimana kadang juga ditemukan faktor keturunan ada dalam penderita parkinson.

Faktor usia karena dilihat orang dewasa muda jarang mengalami penyakit ini. Pada umumnya, penyakit ini menyerang usia lanjut atau pertengahan. Usia sekitar 60 tahun rentan terhadap penyakit ini. Faktor umur memang meningkatkan risiko terkena Parkinson.karena menurunnya fungsi organ tubuh oleh faktor penuaan.

Gejala awal penyakit parkinson biasanya cenderung ringan dan tidak disadari oleh penderita. Terdapat 3 gejala utama yang dialami penderita Penyakit Parkinson yaitu

  • Tremor Gemetar diawali pada bagian kaki atau tangan, bahkan jari. Salah satu karakteristik dari Parkinson adalah adanya gerakan tak terkendali pada tangan ketika dalam keadaan rileks.
  • Pergerakan yang melambat Seiring berjalannya waktu, kemampuan kita bergerak akan terbatas. Kita akan lamban dalam bergerak. Langkah ketika berjalan akan menjadi lebih pendek. Bahkan akan kesulitan berdiri dari kursi. Lambat laun, penderita akan menyeret kakinya ketika mencoba melangkah.
  • Kekakuan otot hal ini dapat terjadi di bagian tubuh mana pun. Otot-otot yang mulai kaku ini akan membatasi pergerakan kita dan juga dapat menyebabkan rasa sakit.

Jika kita sudah merasakan gejala gejala seperti ini sebaiknya cek up ke dokter secepatnya tidak usah khawatir karena di Rs Premier Jatinegara telah memiliki klinik khusus parkinson yang akan ditangani langsung oleh Dr Sukono Djojoatmodjo Sp.S yang merupakan seorang Ahli syaraf.sehingga pasien parkinson akan ditangani oleh Dokter  yang handal yang akan memberikan solusi terbaik bagaimana menyembuhkan penyakit parkinson.

Di Rs Premier Jatinegara dengan pelayanan yang bagus dan staf yang ramah juga berkomitmen terhadap mutu dan sangat mudahnya akses ke rs ini, ditunjang kualitas pelayanan, kelengkapan spesialistik juga alat penunjang medis semuanya ada di Rs Premier Jatinegara jadi jangan ragu untuk periksa di rumah sakit ini.

Pepatah mencegah lebih baik sebelum mengobati itu sangat penting Untuk itu mencegah penyakit parkinson memang kita harus banyak mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayur dan jangan lupa untuk rutin berolahraga karena tubuh yang dijaga sejak dini akan memberikan manfaat saat hari tua nantinya.yuk mari kita hidup sehat.

23 Replies to “Kenali Penyakit Parkinson Sejak Dini”

  1. aku pikir gemetar tangan itu ada kaitannya dengan penyakit jantung, ternyata gejala parkinson ya mba.. kemudian bisa menjadi parah.. semoga kita bisa terhindar dari penyakit ini..

  2. Lebih biak mencegah dari pada mengobati. Gejalanya seperti itu, kita segera hindari penyebab dan hal hal yang dapat menyebabkan nya ya.
    Semoga kita terhindar dari penyakit Parkinson ini

  3. Dulu aku kira parkinson itu sama dengan stroke. Ternyata sangat berbeda biarpun ciri ciri fisiknya ada yang mirip.

    Ternyata gaya hidup.sangat berpengaruh ya kak yanti. Jadi lebih tau perbedaannya.

    Ruangan rs premier jatinegara ini bersih dan spacey ya kak.

  4. Sakit bisa menimpa siapa saja,tua ataupun muda.
    Karena sekarang mengkonsumsi makanan cepat saji maka tak jeran masih usia muda sudah di diagnosa penyakit tertentu.
    Saya juga masih awam pengetahuan tentang penyakit Parkinson, semoga dengan artikel yang mba share ini. Bermanfaat untuk masyarakat banyak

  5. Aku tuh baru ngeh kalau salah satu gejalan penyakit parkinson itu adalah tremor. Tangan atau anggota tubuh lain bergetar2 gitu. Langsung bawa aja ke dokter jangan kelamaan ya. Pola makan yang benar dan olahraga rutin bisa mencegah penyakit ini.

  6. Baca ini aku jadi makin mikirin kesehatan nih, kurangi karbo, lemak, perbanyak sayuran dan olahraga. Ternyata 3 ciri khas diawal penyakit Parkinson tuh itu ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *