Gathering HaloMoms Mengenal Helikopter Parenting

Gathering HaloMoms Mengenal Helikopter Parenting

 

Membesarkan anak adalah sebuah amanah penting yang harus dijalani orang tua, tantangan nomer satu sebagai orang tua adalah membesarkan anak dan mendidik anak agar tumbuh sebagai anak yang mandiri dan berahlak. Tapi tahukah moms jika kita sebagai orang tua menerapkan pola asuh yang salah itu bisa membuat pertumbuhan mental seorang anak terganggu.

Di jaman milenial seperti sekarang orang tua harus extra dalam mengawasi anak anaknya dari pengaruh buruk lingkungan, mulai dari tontonan televisi, internet maupun gadget. Setiap orang tua pasti melakukan berbagai hal agar anaknya bisa terlindung dari pengaruh buruk sehingga bisa tumbuh dengan mental dan perilaku yang baik.

Sebagai seorang ibu kita mesti cerdas tentang pola asuh anak, selalu update ilmu parenting dengan cara masuk komunitas atau mengikuti seminar parenting agar bisa mengetahui bagaimana sih pola asuh yang baik dan benar.

Salah satu aplikasi kesehatan online Halodoc membuat suatu wadah tempat para mama untuk berbagi masalah parenting, di komunitas ini para mama bisa berkonsultasi seputar dunia parenting dan masalah kesehatan keluarga.

Komunitas yang di buat Halodoc dinamakan HaloMoms disini para moms yang bergabung bisa berkonsultasi dengan para dokter, bisa saling sharing informasi dan pengetahuan yang akurat tentang mendidik anak serta menjaga kesehatan fisik dan jiwa keluarga, agar semua pertanyaan dan keingin tahuan bisa terjawab dengan benar.

Halodoc meresmikan HaloMoms pada hari Sabtu tanggal 23 februari 2019 di Brood and Boter, Mampang.  HaloMoms mengadakan gathering bersama 40 moms dari komunitas Mom Blogger Community (MBC)  yang sangat bersemangat sekali untuk belajar ilmu parenting.
Moms Blessy sebagai Offline Marketing Manager Halodoc  mengatakan HaloMoms dibentuk untuk para mama yang ingin mengetahui tentang ilmu parenting, banyak sekali keuntungan yang didapat
1. Mempunyai banyak kesempatan untuk hadir di event gathering dan talkshow yang diadakan oleh Halodoc secara gratis.
2 .bisa berkonsultasi gratis dengan para dokter di WhatsApp Grup HaloMoms
3. Banyak program menarik yang ditawarkan di WhatsApp Grup HaloMoms


Di acara Gathering HaloMoms juga menghadirkan Psikolog  Rayi Tanjung Sari yang mengangkat tema Helikopter Parenting, dimana pengertian Helikopter Parenting adalah pola asuh orang tua yang selalu mengawasi anaknya sehingga apa yang dilakukan anak menjadi terbatas, anak tidak boleh melakukan sesuatu yang dianggap membahayakan padahal hal tersebut tidak terjadi, sehingga orang tuanya terlalu over protektif.
Dari segi akademis anak dituntut untuk mendapat nilai tinggi sehingga kadang orang tua mengerjakan pr anaknya agar mendapat nilai bagus, orang tua juga selalu menyelesaikan masalah yang dihadapi anak sehingga anak tidak dapat mandiri.

Sebagai orang tua hendaknya kita tidak perlu mencemaskan apa yang belum terjadi jika anak kita melakukan sesuatu tapi bayangkan saja bagaimana wajah bahagia anak saat bisa mencapai keberhasilan,  dalam mencapai sesuatu
Dampak terhadap anak dari orang tua yang menerapkan pola asuh dari Helikopter parenting adalah

  1. Anak akan tumbuh tidak percaya diri karena anak akan selalu merasa tidak mampu
  2. Anak akan sulit mengambil keputusan apapun karena setiap masalah yang dia hadapi selalu orang tua yang menyelesaikannya
  3. Tidak akan bisa menghadapi tantangan dan masalah di masa dewasanya nanti terutama di lingkungan sekolah.
  4. Berpotensi tidak mempunyai insiatif dalam melakukan sesuatu karena selama ini orang tualah yang selalu mengambil keputusan untuknya.
  5. Kurang mampu mengatasi emosinya dan lebih cepat mengalami depresi.
  6. Di saat dewasa cenderung mempunyai masalah kesehatan.

Wah jangan sampai ya moms kita masuk dalam pola pengasuhan Helikopter parenting tapi jangan khawatir ya moms karena ada solusi dari Psikolog Rayi Tunjung Sari agar kita para orang tua tidak ada dalam lingkaran pengasuhan Helikopter parenting

  • Membangun interaksi komunikasi yang memberikan pernyataan kepada anak bahwa kita bahagia berada di dekatnya hingga anak merasa percaya diri dan membangun koneksi yang bagus
  • Konsep bermain bersama anak, bersenang senang bersama dan kita ikut dalam permainan jangan sampai saat bermain pikiran kita ada di mana mana sehingga tidak fokus dekat anak.
  • Konsep aman terorganisasi dan regulasi, dimensi kasih sayang beri anak pelukan dan tepukan di bahu sehingga anak merasa aman, membuat mereka merasa berharga dan merasa dicintai tanpa syarat.
  • Konsep kompetensi keahlian sehingga anak bisa melakukan tantangan yang diberikan dunia, bisa memberikan kontribusi positif dalam menghadapi dunia.

Semua hal tersebut bisa membentuk kekuatan emosional yang kuat sehingga anak akan dekat dan akrab dengan kita orang tuanya.sebagai orang tua kita harus memberikan kebebasan kepada anak untuk bereksplorasi dan biarkan anak tahu rasanya saat mendapat kegagalan karena hal itu dibutuhkan agar anak bisa belajar menerima kedepannya dan anak bisa menpunyai rasa aman, bisa lebih siap menghadapi tantangan hidup di masa depannya nanti.

Setelah mengikuti Gathering HaloMoms saya jadi intropeksi diri ternyata polas asuh yang saya lakukan sama anak anak saya banyak salahnya terkadang saya menuntut anak agar mendapat nilai tinggi tanpa perduli si anak sanggup atau tidaknya jadi untuk para moms lainnya mari kita selalu belajar tentang ilmu parenting agar kita bisa tahu pola asuh yang baik dan benar yuk gabung di komunitas HaloMoms ya,  follow ignya Halodoc sehingga kita bisa mengetahui tentang parenting.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *