Dukungan Pemerintah Kepada Koperasi Dan UMKM Di Masa Pandemi

Dukungan Pemerintah Kepada Koperasi Dan UMKM Di Masa Pandemi

Spread the love

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia merupakan salah satu penggerak utama perekonomian. Oleh karena itu ekonomi nasional akan terpengaruh jika sektor UMKM mengalami masa sulit.

Selama pandemi Corona Covid-19 ini, sektor UMKM sangat terdampak. Banyak dari pengusaha tersebut yang harus menutup usaha mereka, karena permintaan pasar yang turun drastis. Saat tahun 1998 kala krisis menerjang negara kita UMKM merupakan penopang perekonomian tapi dikala Pandemi sepertii saat ini UMKM justru runtuh lebih dahulu, karena keadaan yang tidak memungkinkan banyak hal yang dilakukan para pelaku usaha UMKM

Memberhentikan sebagian pekerjanya

Mengubah jam operasional

Mengurangi biaya utilitas seperti biaya listrik, gas, air dan komunikasi

Bulan april adalah saat UMKM mengalami titik terendahnya karena saat itu diadakannya psbb total dimana banyak mall yang tutup dan tempat usaha banyak yang tidak boleh membuka gerai mereka, serta perubahan pola perilaku dan pola konsumsi masyarakat.

Perubahan perilaku masyarakat terjadi karena aktivitas banyak di lakukan didalam rumah untuk menghindari penularan virus otomatis belanja kebutuhan pokok dan lainnya di pesan secara online dan banyaknya konsumsi produk kesehatan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Pada Webinar Outlook 2021 dengan Tema “Outlook 2021 Adaptasi dan Transformasi KUMKM”, hari Selasa tanggal 29 Desember 2020. Menteri Koperasi dan UKM Bapak Teten Masduki memberikan penjelasan tentang bagaimana refleksi kinerja kementrian Koperasi pada tahun 2020 dan harapan baru untuk para pelaku koperasi dan UMKM, supaya mampu untuk beradaptasi dan bertransformasi ke usaha berskala besar di tahun 2021.

UMKM dan kewirausahaan tetap menjadi kunci pemulihan ekonomi nasional selama mampu beradaptasi dan bertransformasi. Hal ini karena proporsi UMKM yang mendominasi populasi pelaku usaha di Indonesia hingga 99%.
hambatan UMKM untuk berkembang salah satunya adalah pola kemitraan yang belum berkesinambungan dan tidak membantu pengembangan UMKM serta banyaknya izin yg hrs dipenuhi.

Pada koperasi hambatannya adalah saat ini kurangnya minat masyarakat untuk berkoperasi, koperasi juga belum melakukan digitalisasi, belum adanya transparansi, dan SDM yang lemah.

Pemerintah selalu mendukung UMKM dan Koperasi agar mampu tetap bertahan pada masa pandemi seperti saat ini. Melalui Kementerian Koperasi dan UKM menjalankan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan memberikan stimulus sebesar Rp123,46 triliun.

BanPres Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) juga telah diberikan Pemerintah kepada 12 juta pelaku usaha mikro berupa hibah modal kerja sebesar Rp2,4 juta per orang telah tersalurkan 100% serta KUR Super Mikro untuk plafon di bawah Rp10 Juta dengan bunga rendah

Dalam rangka membuat UMKM naik kelas pemerintah terus mengupayakan UMKM dan koperasi untuk masuk dunia digital. Hal ini karena perubahan cara belanja masyarakat yang selama pandemi dimana ekonomi digital tumbuh positif 38% dan 93% pengguna internet masih tetap akan memanfaatkan digital pasca pandemi.

Upaya yang dilakulan pemerintah untuk mendukung digitalisasi Koperasi dan UMKM adalah peningkatan kapasitas SDM, perbaikan proses bisnis, perluasan akses pasar dan penciptaan lokal heroes.

Para pelaku usaha UMKM juga diharapkan selalu berinovasi dan kreatif dalam memproduksi produk jualannya agar barang yang dijual banyak di minati pembeli karena pada masa pandemi ada juga UMKM yang meningkat Omzet penjualannya yaitu yang menproduksi minuman herbal, makanan sehat dan organik sebagai asupan nutrisi menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari virus, hal ini merupakan peluang bagi UMKM lainnya agar bisa melihat peluang usaha yang cocok.

UMKM di masa pandemi ini juga sudah ada beberapa yang sudah menggunakan sosial media (plattform Digital) untuk memasarkan produk mereka dan srbagian dari mereka juga sudah mengubah produksinya menjadi alat kesehatan dan makanan. hal ini dilakukan agar bisa terus bertahan di masa pandemi.

Transformasi digital dan modernisasi koperasi difokuskan pada efisiensi manajemen, akses informasi dan layanan bagi anggota, serta pengawasan (kemudahan menganalisis kinerja koperasi)

UMKM terus diberikan pedampingan dan pelatihan agar Ke depannya bisa menciptakan wirausaha produktif, yakni wirausaha yg mampu menyerap tenaga kerja, mampu bersaing, dan mampu menciptakan produk yg bisa diserap pasar.

Dengan adanya UU Cipta Kerja memberikan angin segar kepada UMKM karena UU Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020 diharapkan dapat memberikan kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Koperasi.

  • UU Cipta Kerja memberi kemudahan dan kepastian dalam proses perizinan melalui izin tunggal bagi UMKM,
  • kemudahan dalam mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), kemudahan mendirikan Perseroan Terbuka (PT) melalui biaya yang murah
  • serta kepastian legalitas bagi pelaku UMKM. Sedangkan untuk koperasi diberikan kemudahan pendirian Koperasi cukup dengan jumlah 9 (sembilan) orang.

Pemulihan ekonomi Indonesia harus dilakukan dengan optimis dan dibutuhkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, semua harus bersinergi antara UMKM, pemerintah, perusahaan besar, dan masyarakat.

30 Replies to “Dukungan Pemerintah Kepada Koperasi Dan UMKM Di Masa Pandemi”

  1. Setuju dukungan Pemerintah thd UMKM agar terus dilanjut, apalagi di masa pandemi corona. Melalui pendanaan, produktifitas dan pemasaran. Jika memungkinkan dibuat digitalisasi utk UMKM dan Koperasi dari Pemerintah.

  2. Salut sama pelaku UMKM yg kuat menghadapi cobaan pandemi. Beberapa teman UMKM banting setir berpindah jenis usaha unt dapat survive dan menghidupi karyawannya. Semoga tahun 2021 lebih baik dari 2020. Aamiin…

  3. Yupss langkah yang ditempuh udah bagus nih, era nya sudah digitalisasi dan akan lebih baik jika koperasi juga Bergerak lewat inovasi nya. Semoga UMKM bisa kembali bangkit demi perekonomian yang lebih baik tentunya

  4. Kalau ngomongin UMKM, di masa pandemi ini kena banget sih kak tamparannya. Terutama para pekerja juga. Kasihan aku ngelihatnya 🙁
    Well, cuma kita sih yang bisa bantu UMKM

  5. semoga dengan dukungan Pemerintah ini jadikan UMKM semakin semangat dan lebih berinovasi lagi ya dalam menghasilkan karya.
    semoga tahun 2021 ini menjadi lebih baik.

  6. Setuju, UMKM dan kewirausahaan memang menjadi kunci pemulihan ekonomi nasional . Semoga Kementerian Koperasi bisa.mendorong UMkM dan koperasi di Indonesia secara signifikan untuk bangkit dan bertahan.

  7. Kalau koperasi sudah digital, in sya allah akan berkembang dan masyarakat banyak yang minat bergabung. Semoga dapat meningkatkan perekonomian terutama di masa pandemi sekarang ini. Pelaku UMKM butuh dukungan dari pemerintah dalam hal ini tentu koperasi. Semoga bisa berkesinambungan ya program2nya.

    1. Kemarin lihat video di IG Feed Pak Sandiaga Uno.
      Bahwa Pemerintah kini harus banyak turun ke lapangan dan memudahkan para UMKM.
      Aku langsung optimis melihat pemimpin yang memang megang banget di bidangnya.

  8. Nggak hanya pemerintah yang harus dukung nih, kita juga.. kudunya kita lbh sering beli produk dalam negri biar sama2 maju dan jangan terus2an naksir produk luar negri. Semoga setelah pandemi berakhir kita akan baik2 saja ya..

  9. Sudah seharusnya memang Pemerintah memberikan dukungan kepada pelaku UMKM. Tapi, pelaku UMKM-nya sendri pun harus terus belajar berkreasi dan berinovasi agar bisa tetap bertahan di masa pandemi ini.

  10. Banpres ini sangat membantu sekali umkm, sayangnya memang kurang merata dan sosialisasinya kurang jadi cuma segelintir yang tau.

    Padahal program ini bagus sekali untuk membantu umkm tetap survive. Selain itu perlu jg bimbingan langsung untuk umkm mengenai penjualan online sebagai alternatif media pemasaran

  11. Di masa pandemi ini alhamdulillah nya banyak yang mensupport UMKM agar terus melaju ya mbak, karena memang tonggak perekonomian kita berada di mereka. Jadi dukung selalu

  12. Banyak harapan yang kita gantungkan pada UU Cipta Kerja ini, mudah2an perekonomian Indonesia semakin meningkat pertumbuhannya. Bagus juga daftar HKI lebih simpel ya, mendirikan PT juga gak perlu pake notaris kl skala bisnisnya kecil menengah, dan bentuk koperasi bs dg 9 orang aja ya. Tfs Mom Yanti…

  13. Waah undang undang cipta kerja yang baru ternyata menguntungkan UMKM ya mbak. Memberikan kemudahan dalam mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dan kemudahan mendirikan Perseroan Terbuka (PT) melalui biaya yang murah

  14. Ke depan memang UMKM harus melek digital ya, agar bisa beradaptasi dengan perubahan jaman. Semoga ke depan UMKM dan koperasi bisa lebih bersinergi dan lebih maju lagi.

  15. UMKM, salah satu yang kena imbas pandemi corona ini, jatuh bangun supaya bisa survive. Semoga tetap semangat, membangun kembali, bersinergi dengan pihak terkait dan semakin maju

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *