Danone SN Indonesia Meluncurkan Laporan Berkelanjutan Sebagai Bentuk Komitmen Transparansi

Danone SN Indonesia Meluncurkan Laporan Berkelanjutan Sebagai Bentuk Komitmen Transparansi

Spread the love

Sebuah perusahaan pasti mempunyai laporan penting tiap tahunnya. Selain menyusun laporan keuangan tahunan, perusahaan juga membuat laporan keberlanjutan atau yang populer dengan istilah Sustainability Report (SR).

Penyusunan laporan keberlanjutan merupakan sebuah terobosan baru yang dibuat oleh regulator dalam merespon keinginan publik atau stakeholders terhadap kepedulian korporasi terhadap keselamatan lingkungan dan alam sekitar atas proses bisnis yang dijalankan.

Hal inilah yang dilakukan sebuah perusahaan besar seperti Danone yang merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman yang terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang dan beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100 ribu orang diseluruh dunia.

Di Indonesia, Danone Specialized Nutrition terdiri dari PT Nutricia Indonesia Sejahtera (Nutricia) dan PT SariHusada Generasi Mahardika. Saya bersama perwakilan Mombassador SGM Eksplor berkesempatan untuk hadir diacara Launching Danone Indonesia Sustainability Report di Pabrik Plant Danone di Citereup. Bogor Jawa Barat

Pada Hari rabu tanggal 12 februari Danone Specialized Nutrition (Danone SN) Indonesia meluncurkan Laporan Berkelanjutan periode 2017-2018. Laporan Keberlanjutan ini menunjukkan bagaimana Danone SN Indonesia menjaga keberlangsungan berbagai aspek keberlanjutan di setiap proses bisnis hingga berbagai inisiatif sosial ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.

Terkait Laporan Berkelanjutan yang dikeluarkan oleh dunia usaha, Maria Dian Nurani, Ahli Bidang Keberlanjutan dari International Society of Sustainability Professionals (ISSP) Indonesia mengatakan, “Sustainability Report atau Laporan Keberlanjutan merupakan bentuk laporan yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam rangka mengungkapkan (disclose) atau mengkomunikasikan kepada seluruh pemangku kepentingan mengenai kinerja Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola yang baik perusahaan secara akuntabel. Kita patut mengapresiasi langkah dunia usaha, termasuk Danone SN Indonesia, dalam mewujudkan nilai transparansi dan akuntabilitas perusahaan melalui laporan

Laporan Keberlanjutan bertujuan agar perusahaan bisa menyuarakan kontribusi langsung maupun tidak langsung mulai  inovasi produk, proses bisnis, hingga program edukasi terhadap masyarakat di sekitar lokasi operasi perusahaan.

menunjukkan komitmen Danone SN yang terus berupaya memberikan kesehatan melalui produk nutrisi ke banyak orang dan selalu mendukung terciptanya generasi Indonesia di masa depan yang lebih sehat.

hal inilah yang disampaikan   Presiden Direktur Danone Specialized Nutrition Indonesia, Connie Ang  yang menjelaskan bahwa Danone selalu ingin terus mendukung perkembangan anak yang sehat melalui pendekatan ilmiah,  Karena tidak ingin anak-anak Indonesia tertinggal hanya karena kurangnya asupan maupun akses makanan bergizi. Kita mendukung pemerintah dalam pengembangan sumber daya manusia, agar anak Indonesia mendapatkan gizi yang baik sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki dan menjadi generasi maju.

Direktur Sustainability Danone Indonesia Bapak Karyanto Wibowo mengatakan laporan Keberlanjutan Danone Specialized (SN) Indonesia ini mencakup 6 pilar utama. Laporan ini juga telah disusun untuk mengikuti Pedoman Standar Pelaporan Keberlanjutan (GRI) dengan menampilkan struktur modular yang saling terkait dan mewakili praktik terbaik dalam pelaporan berbagai dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial.

Sebagai perusahaan yang memproduksi nutrisi, Danone selalu fokus kepada kesehatan Ibu dan anak di Indonesia. Danone selalu menjaga keberlanjutan 6 pilar utama yang meliputi

Riset dan Inovasi
Rantai Nilai Nutrisi
Lingkungan
Pemberdayaan Masyarakat
Kepatuhan bisnis
Pengembangan karyawan

Sebagai perusahaan yang mengembangkan produk nutrisi berdasarkan riset dan ilmu pengetahuan dan berkontribusi pada kesehatan secara jangka panjang sesuai dengan refleksi dari misi Danone One Planet One Health.

Danone SN berkontribusi terhadap proses dan rantai bisnis bertanggung jawab hingga program edukasi tentang pentingnya nutrisi bagi masa depan ibu dan anak telah memberikan dampak positif kepada para pemangku kepentingan. Antara lain, program edukasi Danone SN seperti kampanye ‘Isi Piringku’ telah memberikan manfaat bagi lebih dari 7.000 orang tua dan 700 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kita sebagai perwakilan Mombassador SGM Eksplor juga berkesempatan untuk mengunjungi Paud Cerdas yang merupakan binaan Danone.SN. Paud Cerdas berdiri sejak tahun 2012 dari tahun 2012 – 2015 Danone Specialized menyediakan rumah fasilitas dengan menyediakan lahan di sekitar pabrik untuk tempat bermain dan belajar Paud Cerdas, setiap dua bulan sekali karyawan juga akan mengajar anak Paud dengan berbagai macam ilmu yang bisa dipahami anak anak seperti bagaimana kalau anak sedang dijalan umum tentang makanan bergizi atau hal baik lainnya.

Salah satu bentuk edukasi yang diajarkan adalah kebiasaan hidup sehat para guru, orang tua, dan lebih banyak pihak untuk bersama-sama terlibat dan bekerjasama dalam program pengembangan gizi anak, demi gizi anak yang baik dan seimbang”,

Danone sebagai perusahaan yang perduli terhadap tumbuh kembang anak Indonesia ikut mensosialisasikan program Isi Piringku ini melalui edukasi ke beberapa PAUD mulai dari memilih makanan yang sehat dan mengandung gizi seimbang, pelatihan untuk para guru tentang penerapan program isi piringku di sekolah tempat mereka mengajar. Mengembangkan panduan gizi yang seimbang yang mencakup kebutuhan gizi anak serta pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.

Di Paud cerdas anak anak diajarkan untuk pola hidup sehat sedari dini mulai dari kebiasaan mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan setelah melakukan kegiatan apapun.. Anak anak Paud Cerdas juga diberikan edukasi isi piringku dan langsung menerapkannya dengan bersama sama menyantap hidangan isi piringku.

Danone mempunyai program lainnya yang merupakan pemberdayaan sosial ekonomi seperti

Program pencegahan Stunting
Isi Piringku
Proyek Merapi
Rumah Tempe
Warung anak sehat
Rumah Srikandi
Rumah Bunda Sehat
Taman Pintar
Duta 1000 Pelangi

Semua program bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kualitas ekonomi dan kesehatan gizi masyarakat. Bentuk dari inisiatif pemberdayaan menuju keluarga yang lebih baik gizi seimbang dan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.

Untuk karyawan Danone SN juga sangat memperhatikan kebutuhan karyawannya antara lain

memberikan cuti melahirkan kepada karyawan wanita selama 6 bulan agar bisa memberikan Asi Ekslusif kepada bayinya

Bagi karyawan pria memberikan cuti 10 hari bagi yang istrinya melahirkan sebagai bentuk dukungan pemberian ASI Eksklusif.

Di berbagai kantor dan pabrik, Danone SN juga tersedia ruang laktasi dan klinik kesehatan untuk memastikan kesejahteraan ibu dan karyawan yang menyusui.

Program-program keberlanjutan, khususnya program edukasi nutrisi yang dilakukan oleh Danone SN merupakan upaya peningkatan gizi masyarakat Indonesia. Terutama dalam hal kondisi kesehatan dan pemenuhan nutrisi masyarakat. Danone mempunyai filosofi bahwa tanggung jawab tidak berhenti sampai gerbang perusahaan saja tapi mencakup semua pemangku kepentingan karyawan, pemegang saham, pemasok, konsumen. Mitra bisnis dan masyarakat serta pemerintah.

Untuk itulah penting artinya untuk mengkomunikasikan inisiatif sosial, ekonomi dan lingkungan yang sudah dijalankan kepada publik dengan prinsip transparasi dan akuntabilitas.

25 Replies to “Danone SN Indonesia Meluncurkan Laporan Berkelanjutan Sebagai Bentuk Komitmen Transparansi”

      1. keren yaa sampai ada paud binaan segala. anak2 jd diajari isi piringku dan kalau di rumah pasti maunya sama seperti yg di paud, jd gak lupa makan sayur dan buah jg

  1. Waw ternyata Danone ini terdiri dari 2 perusahaan besar ya Mom. Nutrucia dan pt sari husada yang SGM itu kan ya. Aku baru tahu. Ngomong-ngomong acaranya mengedukasi ya Mom. Sukses buat Danone dan teruslah mengeluarkan produk-produk bernutrisi untuk anak bangsa

    1. Danone selalu mengembangkan produk nutrisi yang bermanfaat untuk memberikan asupan gizi kepada anak anak Indonesia agar bisa tumbuh menjadi generasi yang lebih baik lagi

  2. Salut sama program-programnya DANONE,selalu memikirkan yang terbaik tuk gizi anak Indonesia.

    Seperti yang diketahui,salah saru produk DANONE yang disukai para ibu yakni Sufor SGM. Dimana nutrisi yang terkandung tak perlu diragukan lagi.
    Salut tuk DANONE

  3. Wow… Kegiatan Luar Biasa, Ternyata Danone sangat Peduli dengan Gizi Anak Indonesia Dan Sangat Peduli Untuk Karyawannya…. Sukses Selalu Untuk Danone… Dan Terima kasih Untuk Mom Yanti atas Informasinya… Bermanfaat sekali.

  4. Peluncuran Laporan Berkelanjutan periode tahun sebelumnya ini keren banget ya. Danone memang sama sekali nggak main-main akan dukungannya terhadap anak bangsa 🙂

    Semoga semua programnya berjalan lancar dan lebih bermanfaat buat anak Indonesia yang lebih baik 🙂

  5. Jarang lho ada perusahaan sebesar brand Danone yang melaporkan program dalam bisnisnya secara berkelanjutan. Apalagi bisa membuat percontohan sekolah sehat seperti paud itu ya.

  6. Nah baus nih kalau ada buku buat LPJ jd bisa dibagikan ke manajemen juga ke stakeholder ya mbak supaya bisa jadi bahan evaluasi untuk menyusun program2 ke depan. Apalagi Danone tuh programnya banyak, kalau terdokumentasikan seperti ini akan lbh mudah buat ke depannya jg

  7. Banyak sekali program Danone yang dilaksanakan untuk nutrisi dan tumbuh kembang anak, juga program program lainnya yang berkaitan dan edukasi. Semoga Danone makin sukses menebar manfaat untuk masyarakat Indonesia

  8. Bahagia banget ya kalau jadi karyawati di Danone ini. Cuti melahirkan untuk Ibu Hamil sampai 6 bulan biar bisa memberikan ASI Eksklusif. Beda sekali dengan beberapa perusahaan yang menetapkan cuti hanya 3 bulan saja.

  9. Wah keren sekali ya program CSR Danone. Selain mempunyai PAUD Cerdas gerakan edukasi ke beberapa PAUD juga wujud kepedulian Danone untuk pendidikan dan kesehatan masyarakat Indonesia

  10. Wah senangnya berkunjung ke PAUD yah mom. Btw keren2 program Danone. Aku tahunya cuma Isi Piringku. Ternyata banyak yang lain. Semoga terus sustain dan makin banyak yang terdampak positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *